Minggu, 20 Agustus 2017

Music Technology Lifestyle

Additional Plug untuk Mastering

Penulis :
Jumat, 09/06/2017 17:14:59 | Dibaca: 134




Additional Plug untuk Mastering

Mixcraft


Pada edisi sebelumnya, Penulis membahas tentang Plugin bawaan Mixcraft untuk proses finalisasi audio yaitu mastering. Kali ini penulis akan membahas plugin tambahan yang sering dipakai untuk proses mastering dari beberapa pilihan sound engineer terkenal dunia. Pertama - tama penulis akan membahas produk dari Waves.

Ini adalah plugin EQ tertua dalam peradaban digital recording. Waves Q10 adalah salah satu andalan para sound engineer untuk :

  1. memperbaiki suara melalui pilihan frekuensi yang akurat.
  2. Mencari warna suara
  3. Serta boosting gain untuk angkat level

Karakter dari EQ ini adalah super bersih, detail dan cocok untuk operasi mastering memerlukan originalitas frekuensi. Dan cocok sekali untuk FIXING, memperbaiki kualitas suara berdasar frekuensi

Berbeda dengan kakaknya Q10, ekualiser ini sedikit memiliki pewarnaan bunyi pada saat kita menambahkan di FX Master. Biasanya saya memakai EQ ini untuk pewarnaan bunyi pada mastering, khususnya High Frequency 12KHz untuk karakter bening dan kristal.

Penulis jarang menggunakan EQ ini untuk keperluan FIXING, yaitu memperbaiki suara. Secara tampilan ini lebih berwarna daripada Q10. Selengkapnya di Edisi E-Magz bulan Juni "Musik dan Kebhinekaan" 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda

  • Terbaru
  • Terpopuler