Sabtu, 21 Oktober 2017

Music Technology Lifestyle

Apple Menghentikan Produksi iPod Nano dan Shuffle

Penulis :
Selasa, 08/08/2017 10:00:00 | Dibaca: 102




Apple Menghentikan Produksi iPod Nano dan Shuffle

infokomputer


Compusiciannews.com - Industri - Dilansir dari Bloomberg, Apple menyatakan akan menghentikan dua produksi iPod jenis low-end mereka yaitu Nano dan Shuffle. Perusahaan yang memproduksi komputer, ponsel pintar, iPad, iPod, tablet dan jam tangan pintar ini menyatakan hal tersebut beberapa saat lalu. Hal tersebut merupakan langkah lanjutan setelah sebelumnya Apple menghentikan produksi iPon Classic tiga tahun lalu, yakni 2014. Selain itu, Apple juga akan melakukan upgrade dua tipe iPod Touch yaitu dengan memperbesar kapasitas penyimpanannya hingga dua kali lipat.

Langkah Apple menghentikan dua produk buatannya adalah tindakan yang bisa diprediksi. Dua model tersebut termasuk tipe yang dianaktirikan Apple beberapa tahun terakhir. Nano terakhir diperbaharui 5 tahun lalu, yakni 2012 sejak pertama kali diluncurkan tahun 2005. Senasib dengan Nano, Shuffle, yang diproduksi pada tahun yang sama, juga terakhir diperbaharui tahun 2010. Nano hanya diproduksi sampai generasi ke enam, sementara Shuffle hanya sampai generasi ke lima. Tentu ini berbeda dengan produk keluaran Apple lain seperti iPod touch yang sampai sekarang terus mengalami perbaikan.

Dibandingkan dengan Nano maupun Shuffle, iPod Touch memang memiliki kelebihan dibandingkan versi lainnya. Dengan kemampuannya terhubung wifi, pengguna iPod touch dapat langsung mengakses web dan menuju iTunes Store. Di sana, pengguna bisa langsung mendapatkan akses ke jutaan lagu, film, program televisi, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, iPod Touch juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan versi lainnya. iPod Touch lebih cepat 50 persen dibandingkan dengan jenis iPon lainnya. Maka tak heran jika banyak pengguna yang lebih memiliki tipe Touch dibandingkan tipe lainnya.

 Saat ini, Nano dan Shuffle sudah dikeluarkan dari toko online Apple. Dua produk keluaran Apple yang paling terjangkau harganya, yakni Nano yang dijual mulai dari harga 149 dollar AS (sekitar Rp 2 juta) dan Shuffle yang dimulai dari harga 49 dollar AS (sekitar Rp 650 ribu), akan berakhir sejarahnya sebentar lagi. Keduanya akan segera hilang dari pasaran.

Rencana Apple untuk menghentikan produksi Nano dan Shuffle memang patut dimaklumi. Pasalnya, masyarakat saat ini lebih memilih layanan streaming untuk mendengarkan musik atau menyimpan musik pada piranti serbaguna seperti ponsel pintar. Seperti dilaporkan oleh Bloomberg, Apple hanya menjual sekitar 400 juta iPod sejak dikeluarkan pada 2001. Hal ini tentu berbeda dengan iPhone yang berhasil dijual sebanyak satu miliar unit hingga Juli 2016, meskipun ia baru diperkenalkan pada public tahun 2007. Tentu terdapat perbedaan yang sangat signifikan.

Meski demikian, bukan berarti Apple menyerah pada Ipod. Produk yang mengkhususkan diri pada music ini tetap diproduksi, bahkan ditingkatkan spesifikasinya, namun khusus dilakukan pada iPad paling popular yang ia produksi, yakni iPad Touch.

“Hari ini, kami menyederhanakan daftar iPod dengan dua model iPod Touch," kata Apple dalam sebuah pernyataan yang dirilis.

Sebelumnya Apple mengeluarkan varian berupa Touch yang berkapasitas 16GB dan 64GB. Saat ini, Apple menghentikan produksi keduanya, dan menggantinya dengan iPod Touch berkapasitas besar, yakni 32 GB dan 128 GB. Harga versi terbaru pun diturunkan secara signifikan. Harga iPad Touch versi 32GB dibanderol seharga 199 dollar AS (sekitar Rp 2,65 juta) dan versi 128GB dihargai 299 dollar AS (sekitar Rp 4 juta). Apple juga menambahkan kemampuan Wi-Fi, kamera 8MP, dan tambahan kapasitas penyimpanan.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda