Minggu, 20 Agustus 2017

Music Technology Lifestyle

Bassline Pattern "Double On Beat Bassline" Dalam Musik Deep House

Penulis :
Sabtu, 21/03/2015 12:00:00 | Dibaca: 2520




Bassline Pattern "Double On Beat Bassline" Dalam Musik Deep House

compusiciannews.com


Compusiciannews.com -Instrument- Artikel ini adalah tutorial terakhir dari seri 7 Deep House Bassline Pattern yang memberikan 7 pola bassline, progress, teknik yang umum digunakan dalam musik deep-house. Pada artikel ini akan memberikan teknik yang disebut "Double On Beat Bassline".

Dalam tutorial kali ini akan digunakan software Ableton Live 9 sebagai worksation, anda juga dapat menggunakan software DAW lainnya. Sound yang digunakan dalam tutorial ini kebanyakan berasal dari VSTs Massive dan Sylenth1. Dalam tutorial ini anda tidak akan hanya belajar pola bassline tetapi juga belajar membuat sebuah sequence midi.

The Double On Beat Bassline

Contoh track di atas dimainkan pada tempo 126 BPM dan nada dasar D minor. Teknik ini mengikuti sebuah pola bassline klasik yang disebut "gallop" yang pada dasarnya memainkan 2 nada pendek yang off-beat. Teteapi kita akan melakukan sedikit perbedaan yaitu dengan memainkan 2 nada pendek itu on-beat.

1. Buatlah 1 bar clip. Pada beat pertama isilah dengan nada D(1/8) dan diikuti dengan nada D(1/8) lainnya. Salin dan tempel 2 nada tadi pada beat ketiga dan ubah nadanya menjadi A#.

Dan soundnya akan seperti ini

2. Duplikat bar diatas sebanyak 4 kali sehingga sekarang terdapat 4 bar clip.

3. Sekarang pada bar kedua dan keempat tambahkan 2 nada A pada beat kedua.

Sehingga sound yang dihasilkan akan seperti di bawah ini.

4. Pada bar terakhir kita akan membuat sedikit perubahan untuk membuat sound sedikit lebih dinamik. Pada beat pertama bar keempat ubahlah nada D menjadi nada F.

Dan hasil akhir dari langkah-langkah diatas adalah seperti ini

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda

  • Terbaru
  • Terpopuler