Senin, 18 Desember 2017

Music Technology Lifestyle

Brain Composing, Membuat Musik dengan Pikiran

Penulis :
Jumat, 22/09/2017 9:00:00 | Dibaca: 296




Brain Composing, Membuat Musik dengan Pikiran

New Atlas


Compusiciannews.com -Sains- Seorang ilmuan di Graz University of Technology Austria telah mengembangkan sistem yang memungkinkan penggunanya dapat membuat musik dengan menggunakan kekuatan pikiran.

Dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh Gernot Muller-Putz, sistem yang disebut sebagai Brain Composer ini menggunakan Brain Computer Interface (BCI) yang dimana para pengguna akan menggunakan cap atau semacam tutup kepala yang dilengkapi dengan electrode yang mengukur gelombang otak.

Biasanya, sistem seperti ini digunakan oleh pengguna untuk melakukan beberapa hal seperti penulisan teks. Nantinya kertas akan muncul satu persatu di layar komputer dan saat salah satu huruf yang diinginkan pengguna muncul, mereka akan memfikuskan perhatiannya. Electrode dalam penutup kepala akan meregister kegiatan otak dan kertas yang terpilih. Sistem ini berjalan secara manual dalam memilih huruf untuk membentuk kata-kata dan kalimat.

Brain Composer menggunakan prinsip yang sama, meskipun selain memilih huruf, pengguna dapat memilih nada, kord dan pause. Juga dapat menstipulasi lama nada dan pitch dan nantinya akan tampil sebagai notasi pada program penciptaan musik yang terpisah. Saat satu karya sudah selesai dibuat, dapat dimainkan melalui software.

Sistem ini telah secara sukses dicoba di 1 tes kesehatan dan semuanya yang mengikuti tes ini memiliki pengetahuan komposing musik dasar karena semua peserta memainkan instrumen.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda