Jumat, 23 Juni 2017

Music Technology Lifestyle

Dari Melodi ke Notasi

Penulis :
Minggu, 06/04/2014 0:00:00 | Dibaca: 2109




Dari Melodi ke Notasi


Compusiciannews.com - Pembelajaran - Para peneliti di KTH Institute of Technology di Swedia telah mengembangkan aplikasi smartphone yang dapat mengkonversi melodi-melodi sederhana ke bentuk notasi. Aplikasi yang sekarang ini sudah tersedia diseluruh dunia, menyediakan sebuah tool efektif yang dapat mengubah melodi yang "keluar dari kepala" menjadi notasi yang tertulis. Tool ini bernama ScoreCleaner Notes.

Hal yang paling menarik dari tool iniadalah simplisitasnya. User dapat memainkan melodi kedalam mikrofon yang ada pada smartphonnya yang kemudian kunci nada, tempo, time signature dan notasi musiknya akan dengan sendirinya muncul di layar smartphone. Tanyalah kepada para musisi-musisi handal dan mereka akan memberitahu anda bahwa tool ini adalah tool yang paling diterima dikalangan musisi saat ini.

Simplisitas aplikasi ini dikombinasikan dengan tingkat aksesbilitas yang tinggi dimana tool ini berpotensi dapat dipakai disegala tempat. Pengguna tidak perlu pintar bermain alat musik tapi cukup dengan mengeluarkan suara dari mulut atau dalam bahasa Inggris disebut "humming". Saat suara terekam, melodinya dapat diputar atau dimainkan kembali baik itu diiringi dengan piano MIDI atau rekaman orisinilnya.

Saat rekaman dibuat, akan menghasilkan notasi yang dapat di share via email atau social media dimana akan menjadikan tool ini sangat kuat untuk kolaborasi musikal. Pengguna dapat pula mendaftar secara gratis untuk akun ScoreCleaner Cloud yang menawarkan storage yang tanpa batas untuk menyimpan beberapa melodi dan secara otomatis mensinkronkan dengan versi desktop dari software.

Ada beberapa batasan pada aplikasi ini, yang terutama adalah restriksi pada melodi monoponik (1 notasi secara bersamaan) yang berarti harmonisasinya diluar syarat. Akurasi softwarenya hanya dapat dilihat dan dianalisis melalui cloud yang berarti anda perlu jaringan internet yang kuat untuk memperoleh kegunaan aplikasi ini.

Teknologi dibalik aplikasi ini berdasarkan pada KTH yang meneliti bagaimana seseorang menginterpretasikan musik dan fungsi analisa suaranya dikembangkan dengan bantuan Anders Friberg, seorang dosen di departemen Bahasa, Musik dan Pendengaran. Tim ini percaya bahwa notasi instan lebih unggul daripada penggunaan voice memo recorders dikarenakan sifat umum atau universal dari notasi musik.

DoReMIR Music Research, sebuah perusahaan dibalik ScoreCleaner Notes juga membuat program komputer applikasi ini yang dikenal dengan ScoreCleaner Notes Desktop. Aplikasi ini bekerja dalam jalur yang sama yang ada di aplikasi iPhone, tapi menyediakan pilihan untuk menambah midi synthesizer untuk komposisi yang lebih kompleks.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda