Jumat, 23 Juni 2017

Music Technology Lifestyle

Dari Warna Jadi Nada

Penulis :
Minggu, 06/04/2014 0:00:00 | Dibaca: 1441




Dari Warna Jadi Nada


Compusiciannews.com - Pembelajaran - Departemen publikasi Mudam, sebuah musium yang didedikasikan untuk seni kontemporer di Luxemburg mengadakan summer project atau proyek selama musim panas yang dipimpin oleh seorang seniman dan perancang Yuri Suzuki dimana dalam proyeknya dia membuat suatu gebrakan baru dengan menciptakan musik dari karya seni.

Berdasarkan pada hasil karyanya yang disebut “Colour Chaser”, Suzuki telah merancang sebuah potongan instalasi untuk musium yang disebut “Looks Like Music” yang memberikan kesempatan kepada  anak-anak dan juga orang dewasa untuk berkontribusi pada sebuah musical score melalui seni pewarnaan yang artistic

Konsepnya berdasarkan pada dasar robot miniature yang dapat mendeteksi dan mengikuti garis hitam. Meskipun bagian ini bukan yang paling kompleks dari robot, robot ini bukan robot dengan sistem “one-trick-pony” atau yang dapat berinteraksi karena robot ini lebih kepada mendetek lajur garis hitam yang dibuat oleh pengunjung musium. Selain itu robot ini juga dapat menangkap sensor warna RGB dan menerjemahkannya kedalam suara

Selagi pengunjung musium menyaksikan pameran, mereka juga didorong untuk memperpanjang sirkuit warna sehing suara yang dihasilkan bias beragam. Ada 5 robot yang beroperasi didalam peinginstalasian, dan masing-masing memiliki nama yang berbeda untuk mendefinisikan beda suara yang dipancarkan seperti basscar, glitchcar, arpegiocar, dan drumcarone.

Dengan proyek “Looks like Music” ini , Suzuki berharap dapat membangkitkan kesadaran public mengenai metode-metode yang dimana suara dan music dihasilkan melalui penampilan dan partisipasi publik yang dibutuhkan.

Suzuki telah memberikan beberapa hasil suara dan teknologi diseluruh dunia dan dalam pengerjaannya, dia telah mengadakan seminar dan dalam seminar itu materi yang disampaikan mengenai dasar prinsip music elektronik dan pembuatan  potongan suara. Seminar itu juga menyertakan hal-hal yang berhubungan dengan “iconic record sleeve” atau hasil rekaman yang ikonik sampai pada pembuatan music lewat pencobaan atau eksperimen melaui smartphone atau tablet.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda