Senin, 18 Desember 2017

Music Technology Lifestyle

Drum Band, Primadona Ekstrakulikuler Siswa Taman Kanak-kanak

Penulis :
Senin, 17/07/2017 8:10:02 | Dibaca: 219




Drum Band, Primadona Ekstrakulikuler Siswa Taman Kanak-kanak

Ilustrasi : Marching Band anak-anak Tribune Batam


Salah satu aspek yang dinilai penting dalam upaya pengembangan dan peningkatan kecerdasan anak adalah pembelajaran dengan menggunakan media musik. Tingkatan pendidikan formal yang sudah menerapkan metode pembelajaran menggunakan musik adalah Taman Kanak-kanak (TK) sebagai pendidikan dasar formal untuk anak usia dini.

Di beberapa Taman Kanak-kanak, sudah mulai diterapkan atau diprogramkan ekstra kulikuler drum band. Ekstrakulikuler drum band merupakan salah satu kegiatan diluar kegiatan formal belajar mengajar diluar kelas dengan media alat musik instrumental seperti drum dan pianika. Ekstrakulikuler drum band ini, terdapat pada salah satu Taman Kanak-kanak yang berlokasi di Desa Pondok Kabupaten Sukoharjo bernama Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal.

Taman Kanak-kanak ini sudah berdiri sejak tahun 2000. Pada awal berdirinya, Taman Kanak-kanak ini belum membuat program ekstrakulikuler drum band. Baru pada tahun 2002, ekstrakulikuler drum band diadakan untuk murid tahun pertama dan kedua. Pengadaan alat musik untuk keperluan kelengkapan ekstrakulikuler ini seluruhnya murni dari pihak yayasan yang menaungi Taman Kanak-kanak tersebut.

Kegiatan ekstrakulikuler drum band ini biasanya dadakan rutin setiap satu minggu sekali di akhir pekan yaitu pada hari Sabtu. Anak-anak dalam 1 kelas akan dibuat menjadi satu kelompok drum band. Setiap anak akan diarahkan untuk memegang dan memainkan satu instrumen musik. Untuk instrumennya, terdiri dari pianika, beberapa jenis drum, dan marching bell. Jenis drum nya dibagi menjadi 3 jenis meliputi bass drum, tenor drum, dan snare drum. Alat musik pianika, marching bell, dan tongkat mayoret biasa nya dipegang oleh murid-murid perempuan. Sedangkan untuk alat musik drum dimainkan oleh murid laki-laki. Selengkapnya di E-Magz 'Peran Musik Bagi PAUD'

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda