Rabu, 22 November 2017

Music Technology Lifestyle

"Guitar Jo" Ubah Suara Gitar Elektrik Jadi Suara Banjo?

Penulis :
Minggu, 12/11/2017 9:00:00 | Dibaca: 49




"Guitar Jo" Ubah Suara Gitar Elektrik Jadi Suara Banjo?

New Atlas


Compusiciannews.com -Instrumen- Perkembangan teknologi harus juga dibarengi dengan perkembangan ide-ide kreatif. Ya, Guitar Jo ini salah satunya. Guitar Jo adalah alat yang dapat membuat gitar elektrik biasa menghasilkan suara seperti banjo. Banjo adalah alat musik yang mirip dengan gitar, yang biasa dipakai dalam musik bergenre country, folks, Irish tradisional, dan bluegrass.  

Seseorang yang pertama mencetuskan ide membuat Guitar Jo adalah Jon Langberg. Ia adalah pria asal Massachusetts yang memiliki passion tentang musik. Sejak muda ia gemar bermain gitar. Ia pernah tampil bersama grup band SMP-nya membawakan musik bergenre metal. Jadi sebenarnya Langberg tidak memainkan banjo dan tidak menikmat musik yang menyajikan instrumen banjo.

Namun satu hari ibunya mendengarkan penampilan band yang menggunakan banjo. Dari situlah Langberg mulai menikmati banjo. Kemudian suatu hari ia diminta memainkan gitar sesuai dengan genre musik kesukaan ibunya, lalu Langberg berpikir bahwa seharusnya ia memainkan banjo dan bukan gitar biasa. Namun Langberg tidak memiliki waktu yang cukup dan biaya untuk membeli banjo dan mempelajarinya.

Sejak saat itu Langberg mulai berpikir bahwa mengapa ia tidak membuat satu alat yang bisa membuat gitar elektrik menghasilkan suara seperti banjo? Ia memulai eksperimennya terus menerus dan berkali-kali memperbaiki Guitar Jo -nya, sampai akhirnya ia mendapatkan Guitar Jo seperti yang ia inginkan.

Guitar Jo ini sudah memiliki enam titik yang dapat mengontrol masing-masing senar gitar. Cara pemakaian alat ini sangat mudah. Posisikan di bagian body gitar, sesuaikan posisi gitar dengan alat, lalu gitar siap menghasilkan suara banjo. Hebat bukan?

Guitar Jo dijual mulai harga US$45 atau sekitar Rp600.000,- dan pengiriman akan dimulai pada Februari 2018. Cukup terjangkau bukan? 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda