Jumat, 19 Januari 2018

Music Technology Lifestyle

Haruskah Membeli Komputer Terbaru?

Penulis :
Kamis, 23/03/2017 10.41.10 | Dibaca: 529




Haruskah Membeli Komputer Terbaru?

PC World


Dunia rekaman digital selalu membutuhkan komputer yang cukup kuat dalam memproses data rekaman dan plugin mixing, tentunya hal ini membutuhkan kecakapan dalam memilih jenis prosesor dan faktor pendukung lainnya sebagai alat utama. Pabrikan prosesor selalu mengeluarkan produk baru dengan kecepatan yang selalu meningkat untuk peforma yang lebih baik, lalu apakah kita akan selalu memperbaruinya?

Berikut adalah ulasan penulis mengenai hal ini.

1. Sesuaikan dengan operating system yang dipakai. Dunia komputer PC khususnya berbasis Windows, memiliki banyak varian yang cukup membingungkan bagi para pemula digital audio. Saya menyarankan untuk selalu memilih OS yang didukung oleh DAW. Misal kita bicara Mixcraft 7 yang hampir support dari Windows 7, 8, 8.1 dan 10. Apabila plugin lain bisa berjalan baik di OS Win 7 dan driver soundcard dapat pula berjalan di Win7, maka pilihan terbaiknya ada di Windows 7. Sejauh ini pilihan Windows 7 masih masuk kategori aman untuk DAW, walau kita harus cermat bahwa produsen prosesor dan motherboard mulai mengurangi supportnya untuk jenis OS ini.

2. Saya selalu merekomendasikan prosesor jenis menengah. Misal ada pilihan i3, i5 atau i7, saya akan memilih i5 yang secara harga dan daya lebih hemat, namun prosesornya tidak gampang kadaluarsa. Budget lainnya bisa dipakai untuk membeli RAM yang cukup besar, SSD untuk penyimpanan data, dan yang tidak kalah penting adalah power supply yang bagus. Beberapa musisi masih menyepelekan power suppy, mereka lupa bawa alat ini adalah alat terpenting dalam menyediakan daya. Selengkapnya di E-Magz edisi 'Hari Musik Nasional' 

Penulis : Budi Pasadena 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda