Sabtu, 16 Desember 2017

Music Technology Lifestyle

Industri Musik Sebagai Pahlawan Penggerak Perekonomian Nasional

Penulis :
Senin, 20/11/2017 9:19:29 | Dibaca: 151




Industri Musik Sebagai Pahlawan Penggerak Perekonomian Nasional


-Fokus Utama- Hari Musik Nasional yang dirayakan setiap tanggal 9 Maret setiuap tahunnya merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap para pelaku seni dan budaya khususnya di bidang musik. Tanggal 9 Maret dipilih juga sebagai bentuk apresiasi terhadap pencipta lagu kebangsaaan Indonesia Raya, WR Supratman.

Dalam momentum Hari Musik Nasional pada bulan Maret lalu, diadakan sebuah diskusi yang dihadiri oleh para pakar industri kreatif dan dalam diskusi itu, diuharapkan dengan adanya Hari Musik Nasional dapat menjadi momentum kebangkitan industri musik di Tanah Air.

Dala diskusi itu, Pengamat Musik, Aldo Sianturi mengatakan bahwa belakangan ini industri musik di Indonesia memang tengah berbenah diri. Mengingat segmen penikmat musik di Indonesia memiliki perbedaan karakter dan beliau berpendapat bahwa mental gratisan yang menjadi faktor kerugian terbesar bagi para pelaku musik saat ini dan hal itu berimbas pada turunnya penjualan CD

Dalam diskusi yang mengambil topik “Industri Musik Nasional Menghadapi Persaingan Ekonomi dan Industri Kreatif  Asia yang digelar pada hari Kamis (09/03) di Jakarta, Aldo mengaku bahwa penikmat musik digital begitu tinggi, hal ini dibuktikan dengan tingginya masyarakat dalam mengunduh musik digital di situs-situs penyedia musik namun sayangnya yang diunduh kenbanyakan 70% adalah musik-musik barat, sementara itu situs penyedia musik-musik Indonesia semakin minim dan dia menegaskan bahwa jalur distribusi konvensional, seperti toko-toko musik makin terbatas karena banyak yang tutup. Selengkapnya di E-Magz Edisi Bulan November 2017 "Heroes Jaman Now" 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda