Rabu, 22 November 2017

Music Technology Lifestyle

Lewat Musik, Musisi Yovie Widianto Buktikan Bisa Keliling Dunia

Penulis :
Sabtu, 14/10/2017 9:00:00 | Dibaca: 155




Lewat Musik, Musisi Yovie Widianto Buktikan Bisa Keliling Dunia

Yovie Widianto, Musisi dan penulis lagu ternama di Indonesia Media Indonesia


Compusiciannews.com - Sosok- Profesi musisi beberapa dekade lalu dipandang sebagai profesi yang tidak menjanjikan sehingga banyak orangtua yang berharap anaknya tidak berkarir sebagai musisi. Hal tersebut adalah salah satu keadaan Yovie Widianto ketika mengawali karirnya di industry musik, di mana ia diminta untuk menjadi diplomat saja. Namun, tanpa harus menjadi diplomat, berkat musik, ternyata ia bisa berkeliling dunia. Hal tersebut adalah salah satu hal yang dibocorkan Yovie Widianto di dalam acara IdeaFest 2017, ia menceritakan panjang lebar tentang perjalanan karirnya selama 30 tahun terakhir.

Yovie bercerita bahwa awalnya dia berkuliah di jurusan Hubungan Internasional di FISIP UNPAD Bandung, sebab ibunya ingin dirinya menjadi diplomat. Keinginan Yovie untuk menjadi musisi pun ditentang oleh ibundanya.

"Ketika saya di Bandung, pas SMP sudah main piano. SMA main bareng Ruth Sahanaya, Trie Utami bersama dua penyanyi hebat. ‎Ibu terus tanya 'Benar kamu mau jadi musisi?' Ibu nyuruh jadi diplomat atau kerja di pemerintahan. Tapi SD, SMP, SMA saya selalu peringkat ingin membuktikan bahwa musisi harus pintar," cerita Yovie.

Keraguan ibunya sedikit demi sedikit menghilang setelah Yovie membuktikan bahwa prestasi-prestasi internasional bisa ia raih. Ia bahkan bisa keliling dunia meskipun tidak menjadi diplomat.

"Nggak harus jadi diplomat saya bisa keliling dunia. ‎Saya mendapat The Best Composition Award pada usia 19 tahun di Taiwan, juara tingkat dunia nomor satu, juara satu di Asia Tenggara bersama Kahitna. Alhamdulillah pulang ke Indonesia, nggak ada orang yang tahu saat itu," ujar Yovie seraya tertawa.

Setelah memperoleh banyak prestasi di luar negeri, ibu akhirnya menyerah. Ibu membiarkan Yovie melanjutkan keinginnanya saja, dan hanya memberi pesar agar sang putra menjadi musisi yang baik.

Namun, sukses di dalam negeri sendiri ternyata bukan hal yang mudah. Meski telah menggondol piagam penghargaan di dalam beberapa acara musik internasional, karir Yovie bersama Kahitna tidak serta merta mulus. Mereka sempat beberapa kali ditolak rekaman, hingga akhirnya setelah berkali-kali mencoba, lagu-lagunya dapat diterima masyarakat. Ia pun menjadi salah seorang pencipta lagu paling popular di Indonesia saat ini.Lagu-lagunya bukan hanya dimainkan oleh musisi-musisi terkenal seperti  Rio Febrian, Audy, Lingua, Bening, RAN, 5 Romeo, Raisa, Bunga Citra Lestari, tapi juga turut mendongkrak popularitas penyanyi-penyanyi itu dengan lagu-lagu yang ia ciptakan.

Terkait dengan kesulitaan merebut pasar di dalam negeri pada awal karirnya, Yovie sedikit bercerita. Saat itu, ia mengatakan bahwa musik piano saat itu sulit diterima. Namun, tanpa mengubah jati dirinya, Yovie terus berusaha mengeluarkan lagu baru yang sesuai dengan dirinya. Contohnya adalah dengan menciptakan lagu Seandainya Aku Bisa Terbang Kahitna, meski lagu itu masih ditolak. Suratku Hedi Yunus diciptakan selajutnya, dan sedikit diterima oleh pasar. Ia pun menciptakan lagu-lagu lain hingga kini kesuksesan sudah bertengger di pundaknya.

Meski demikian, Yovie mengaku, dalam berkarya, laku atau tidaknya sebuah lagu tidak boleh terlalu menjadi patokan. Pasar baginya bukan segalanya. Bagi Yovie, lebih baik karyawanya tidak diterima pasar daripada ia harus kehilangan jati diri dan keunikan yang ia miliki hanya untuk diterima oleh pasar. Sebab, melakukan hal tersebut bukan berarti karyanya dapat diterima oleh pasar. Jika hasilnya tidak baik, sebagai musisi, ia tidak hanya malu karena karyanya tidak laku, tapi malu juga kepada sesame musisi karena menciptakan karya yang tak bermutu. Baginya, mengelola musik agar bisa diterima dan tanpa menghilangkan esensi karya adalah kunci untuk sukses di industry musik. Sebab karakterlah yang akan menentukan kesuksesan para musisi.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda