Minggu, 20 Agustus 2017

Music Technology Lifestyle

Membedah Equalizer dan Frekuensi pada Mixcraft

Penulis :
Senin, 17/04/2017 10:36:11 | Dibaca: 241




Membedah Equalizer dan Frekuensi pada Mixcraft

Mixcraft


Mixcraft dilengkapi dengan fitur FX atau biasanya disebut sound effect yang cukup variatif dalam memberikan warna pada suara. Salah satunya adalah Equalizer atau yang biasa disebut EQ. Dalam penggunaannya EQ selalu bekerja pada frekuensi tertentu sesuai dengan sumber suara yang direkam. Ada beberapa jenis EQ yang terdapat dalam Mixcraft, yaitu:

 

Acoustica EQ

Ini adalah plugin EQ bawaan dari Mixcraft yang dikembangkan oleh developer yang sama. Terdiri dari 10 band frekuensi yang umum digunakan. Berbentuk graphic EQ yang artinya letak frekuensi dan bandwith (kelebaran setup freq) sudah Fix. Beberapa penggunaan sederhana, misal kita ingin mendapatkan vokal yang jernih, bisa mengangkat di frekuensi 8K atau 16K. Atau apabila menginginkan suara Vokal dengan karakter Low Freq yang kuat bisa diangkat pada freq 250. Penggunaan EQ relatif cukup mudah, namun selalu disarankan untuk pemula pada saat mengangkat freq tidak lebih dari 9dB untuk menghindari suara yang terlalu over processing.

 

Classic EQ

Plugin EQ buatan Kjaerhus Audio ini hampir sama dengan Acoustica EQ namun memiliki pemisahan channel audio Left dan Right. Dengan kata lain kita bisa meng-EQ untuk speaker kiri dan kanan secara terpisah. Walaupun jumlah band yang dimiliki lebih sedikit dari Acoustica EQ, EQ ini memiliki fasilitas SAT dan WARM untuk kolorasi berbasis emulasi EQ analog. Beberapa review dari forum audio recording luar negeri memberikan review bagus untuk plugin ini.

 

Tone Booster EQZ

Ini adalah plugin unik dari Tone Booster untuk penggunaan EQ berbasis karakter. Artinya bagi siswa ataupun guru yang tidak ingin dipusingkan dengan letak frekuensi, bisa menggunakan EQ dengan menggerakan joystiknya untuk menemukan karakter suara yang diinginkan. Ada 4 mode dasar suara yang di pakai yaitu : Dark, Tinny, Bright dan Warm. Lalu kita bisa menggabungkan karakter tadi dengan menggerakkan joystiknya agar dapat tercapai suara yang kita inginkan. Sangat memudahkan. Selengkapnya di E-Magz Edisi Terbaru 'Trend Industri Musik Endorse' 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda

  • Terbaru
  • Terpopuler