Minggu, 20 Agustus 2017

Music Technology Lifestyle

Membuat Aransemen Lagu, Apa Saja Yang Harus Disiapkan?

Penulis :
Rabu, 28/12/2016 9:36:26 | Dibaca: 385




Membuat Aransemen Lagu, Apa Saja Yang Harus Disiapkan?

musicradar.com


Kehadiran Digital Audio Workstation dihampir setiap studio musik, musisi rumahan serta aplikasi, membuat proses kreatif aransemen musik bisa dilakukan dimana saja. Namun tidak semuanya memiliki dasar musik yang kuat dalam menuangkan ide musik dan merekamnya secara benar apapun kondisinya. Berikut beberapa tips jitu dalam mengaransemen musik.

1. Dalam proses penulisan, entah itu untuk karangan cerpen, atau musik sekalipun, referensi mutlak diperlukan. Referensi menjadi tolak ukur tentang kualitas dan selera dalam menulis musik. Dengarkan banyak jenis musik, apa itu musik daerah, musik pop, rock atau apapun yang mampu memberikan ide penciptaan musik, tidak perlu terlalu serius dan pilih mana yang paling cocok dengan musik yang akan dibuat.

2. Siapkanlah kertas dan pensil. Alat tulis sederhana ini cukup membantu dalam menulis musik, tentunya kalian juga bisa langsung menulisnya ke dalam pengolah kata digital (MS Word), namun ide yang datang secara tiba - tiba kadang lebih asyik ketika ditulis menggunakan kertas dan pensil. Apabila ide tersebut berupa gumaman atau lantunan spontan, portable recording seperti handphone bisa merekam secara cepat.

3. Pakai alat musik yang mudah untuk menangkap ide awal. Apabila ada gitar akustik pakai saja, pakai piano atau keyboard mainan pakai saja. Tidak harus menyalakan laptop, membuka VSTi. Ini terlalu lama bagi sebagian orang dalam merealisasikan ide yang kadang datang tak tau waktu. Selengkapnya di Edisi E-Magz Desember 'Aransemen Musik Era Digital' 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda

  • Terbaru
  • Terpopuler