Kamis, 24 Agustus 2017

Music Technology Lifestyle

Mengenal Format FLAC, Format Audio Hasil Kompresan Namun Beresolusi Tinggi

Penulis :
Rabu, 26/04/2017 11:22:38 | Dibaca: 238




Mengenal Format FLAC, Format Audio Hasil Kompresan Namun Beresolusi Tinggi

www.aiseesoft.com


Compusiciannews.com -Software- Sementara ada argument kecil bahwa iPhone dan iPad itu menarik, gadget yang didesain bagus namun gadget ini hadir dengan batasan yang cukup tegas  saat harus memutar tipe file audio. Cukup memusingkan untuk mengatur format audio  jika sudah berada di ekosistim Apple

Mereka yang memerhatikan revolusi audio dengan resolusi tinggi pada Apple mengerti bahwa  file yang cocok untuk diputar dirangkum dalam file format FLAC. Jika Anda belum familiar dengan FLAC, Anda akan bertanya file audio resolusi tinggi macam apa ini? Apa keuntungannya? Dan yang paling penting bagaimana Anda memutanya di gadget iOS Anda?

FLAC merupakan singkatan dari Free Lossless Audio File, yang merupakan audio file dengan resolusi tinggi yang telah dikompres dari file WAV yang besar sehingga dapat diatur untuk disimpan. Kompresi ‘lossless’nya dari file berarti file ini berukuran separu dari file WAV yang beresolusi tinggi namun meskipun demikian FLAC ini dianggap memiliki kualitas yang hampir sama dengan file WAV (file asli sebelum dikompres ke FLAC)

Dan karena FLAC mendukung sample yang lebih tinggi dari CD (sekitar 24bits/48kHz), jenis file ini lebih secara akurat mereproduksi audio organic saat dimainkan di speaker atau gadget, semakin tinggi angkanya, reproduksinya semakin baik. Dan juga benar jika Anda memiliki audio komponen yang lebih baik dalam perangkat playback Anda, file audio Anda  (FLAC) akan terdengar lebih baik.

Apple memiliki versi FLACnya sendiri yang disebut Apple Lossless Audio Files (ALAC) yang memiliki properti  sonic yang identik. Terdapat begitu banyak jenis file audio dengan resolusi tinggi. Yang terbesar seperti HD Track yang menawarkan album lengkap dengan file yang berukuran WAV dan juga ada versi Apple-nya yaitu AIFF sebagaimana FLAC dan ALAC.

Banyak sekali situs yang menawarkan file-file FLAC dan intinya FLAC itu sama dengan Mp3 namun memiliki audio resoulsi yang tinggi, itu standarnya.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda

  • Terbaru
  • Terpopuler