Minggu, 22 Oktober 2017

Music Technology Lifestyle

Mungkinkah Rencana Penghapusan Jaringan 3G Terjadi?

Penulis :
Jumat, 16/06/2017 9:00:00 | Dibaca: 298




Mungkinkah Rencana Penghapusan Jaringan 3G Terjadi?

Ilustrasi Digital Lifestyle techcrunch.com


Compusiciannews.com - Gadget - Hadirnya jaringan 4G memang mengancam eksistensi jaringan 2G dan 3G. Kedua jaringan ini lama kelamaan akan tersingkir, baik terhapus dengan sendirinya karena tergeser oleh smartphone atau dihapus atas keinginan operator itu sendiri untuk menekan ongkos industri telekomunikasi. Beberapa operator seluler mulai menentukan pilihan apa yang harus dihapus terlebih dulu terhadap dua jaringan tersebut, menghapus 2G atau 3G. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara lebih memilih untuk mematikan teknologi seluler generasi kedua (2G).

"Saya bukannya anti 2G, tapi pro-efisien," kata Rudiantara dengan lugas di acara Indonesia LTE Conference 2017 di Balai Kartini, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Di kesempatan yang sama, Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan jika mempertahankan 2G akan lebih bermanfaat daripada 3G. Sebab jaringan 3G saat digunakan untuk telepon suaranya tak berkualitas dan untuk data juga tidak sangat kencang. 

"Jaringan 2G itu dianggap sebagai teknologi yang paling cocok untuk suara. Vendor seperti Ericsson atau Huawei malah bilang 2G dipertahankan untuk suara, sementara 3G yang di wilayah abu-abu dimatikan, setelah itu frekuensinya direfarming untuk 4G," ucap Dian.

Menanggapi hal tersebut, Menkominfo akan mempertimbangkan mana yang lebih efisien untuk dihapus. 

"Nah, nanti kita lihat mana yang lebih bagus. Kalau teori 2G ini kemungkinan lebih efisien dari 3G, kalau memang iya kenapa tidak," ungkap Rudiantara di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Pemikirannya kita harus pilih yang paling efisien dan suistanable. Kenapa? karena kita harus teruskan efisiensi industri ke masyarakat, jangan bebani pasar dengan yang tidak efisien," tambahnya.

Beberapa operator bahkan telah menguji teknologi jaringan yang lebih cepat lagi seperti 5G. Walaupun implementasinya masih di tahun 2020-an, namun akses internet yang melesat di 5G tentu akan membuat 3G semakin tidak ada apa-apanya. 

Dewan Pembina Indonesia LTE Conference Djoko Tata Ibrahim turut mengamini penghapusan jaringan 3G. Ia mengakui 3G di posisi tak jelas ketika 4G hadir. 

"Soalnya 3G itu serba nanggung semua. Saya rasa tren handset pun akan langsung dari 2G ke 4G nanti," katanya.

Periset teknologi global, Ovum, Nicole McCornick pun menyatakan jika kemungkinan besar jaringan lawas yang akan ditutup terlebih dahulu ialah 3G. 

“2G masih merupakan sumber pendapatan penting. LTE memberikan pengalaman mobile broadband yang lebih baik dari 3G dan dengan VoLTE, LTE dapat menangani layanan suara 3G. Ini menunjukkan kemungkinan operator akan memilih menutup jaringan 3G mereka sebelum 2G.” ujarnya.

Setelah menyimak pernyataan dari beberapa pihak di atas, sepertinya jaringan 3G menjadi kandidat kuat untuk dimatikan. Nah, ada baiknya kalau kamu segera mengganti smartphonemu dengan jaringan LTE 4G. 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda