Minggu, 22 Oktober 2017

Music Technology Lifestyle

Musik Adalah Media Kebebasan Bagi Generasi Muda

Penulis :
Selasa, 10/10/2017 12:05:52 | Dibaca: 80




Musik Adalah Media Kebebasan Bagi Generasi Muda


-Fokus Utama- Bulan Oktober bisa dikatakan bulannya para generasi muda Indonesia, kenapa? Karena di bulan inilah, generasi muda bangsa mengumandangkan janji mereka untuk memiliki satu, yaitu Satu Bangsa, Satu Tanah Air dan Satu Bahasa, INDONESIA.

Momen ini dikenal dengan Sumpah Pemuda, sebuah tonggak utama dalam sejarah kemerdekaan Indonesia yang dilakukan dari kelompok muda-mudi bangsa. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cinta-cita berdirinya NKRI.

Sumpah Pemuda ini adalah hasil keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diadakan  hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan adanya bangsa Indonesia.

Ada 13 tokoh- dibalik momen ini, beberapa diantaranya  ada Soenario, J. Leimena, Soegondo Djojopoespito, Djoko Marsaid, Amir Sraifudin, WR. Supratman, dan M. Yamin.

Dari tokoh-tokoh diatas, salah satunya ada WR Supratman yang kita kenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Hal ini berarti, musik memiliki peran penting

Berbicara soal musik dan sejarahnya di Indonesia, Presiden Soekarno resmi mendirikan perusahaan rekaman musik pertama milik negara, pada tanggal 29 Oktober 1956 bernama Lokananta. Bayangkan berapa banyak negara yang memiliki perusahaan rekaman? Tidak banyak atau tidak ada? Atau hanya di Indonesia? Pada era 50-an tersebut, lahir lagi beberapa perusahaan rekaman musik milik swasta, yang salah satunya adalah: Irama Records, milik seorang Laksamana Suyoso Karsono yang biasa dikenal dengan sebutan Mas Yos. Selengkapnya di E-Magz bulan Oktober "Musik Anak Muda" 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda