Rabu, 22 November 2017

Music Technology Lifestyle

Musik Gondang Khas Tapanuli Selatan Menjadi Pengiring di Pernikahan Kahiyang dan Bobby

Penulis :
Rabu, 08/11/2017 14:49:29 | Dibaca: 96




Musik Gondang Khas Tapanuli Selatan Menjadi Pengiring di Pernikahan Kahiyang dan Bobby

Ilustrasi Musik Gondang dari Tapanuli Situs Blog


Compusiciannews.com -Sosial Budaya- Selain musik Karawitan yang mengiringi pernikahan Kahiyang dan Bobby Nasution, terdengar pula musik khas dari tanah kelahiran sang mempelai pria, yaitu musik Gondang,  musik khas dari Tapanuli Selatan, Sumatra Utara

Musik Gondang ternyata punya sejarah panjang di kalangan masyarakat  Tapanuli. Keberadaan musik ini juga mewakili adat istiadat dari nenek moyang sejak ratusan tahun lalu. Dilangsir dari situs Kompas.com, Ahli Antropologi Universitas Indonesia (UI) Erlina Pardede mengatakan bahwa musik gondang diperkirakan telah ada sejak lebih dari 200 tahun lalu. Dia menjelaskan bahwa musik ini sudah ada sejak misionaris Jerman datang ke Tanah Batak.

Sempat ada penolakan dikarenakan agama-agama modern masuk ke tanah Batak. Penolakan itu salah satunya adalah dilarangnya musik gondang berada di gereja karena musik gondang dianggap ada unsur mistis  dan bisa memanggil roh nenek moyang.

Pada era sebelum masuknya agama-agama modern, gondang bukan hanya sekedar alat musik yang dimainkan. Lebih dari itu, Erlina menjelaskan bahwa gondang merupakan medium komunikasi lintas alam.

Namun seiring berjalannya waktu, gondang sudah mulai diterima karena sisi mistisnya sudah hilang dan kini gondang hanya menjadi simbol kebudayaan khas Tapanuli, termasuk Tapanuli Selatan.

Menurut Erlina merupakan hal bagus jika gondang tetap dimainkan di berbagai upacara adat, termasuk pernikahan

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda