Minggu, 20 Agustus 2017

Music Technology Lifestyle

Musik Nusantara Mewarnai Persiapan Perayaan Kemerdekaan Setiap Tahunnya

Penulis :
Kamis, 10/08/2017 14:17:52 | Dibaca: 92




Musik Nusantara Mewarnai Persiapan Perayaan Kemerdekaan Setiap Tahunnya

Uluwatu, Bali, salah satu lokasi syuting video instrumental dari Iskandar Widjaja YouTube


Compusiciannews.com -Sosial Budaya- Memasuki bulan Agustus, momen perayaan Kemerdekaan RI selalu terasa kuat, setiap tepi jalan dan beberapa kompleks lingkungan mulai diramaikan dengan dekorasi-dekorasi dan pernak-pernik kemerdekaan. Mulai dari dipasangnya bendera dan umbul-umbu hingga lampu hias yang membuat pemandangan lingkungan sedikit lebih semarak.

Begitupula yang juga terjadi di industri musik tanah air, menjelang hari kemerdekaan di setiap tahunnya, para pelakon industri musik Indonesia selalu meramaikannya dengan projek-projek musik nusantara. Salah satunya ada projek dari seorang violisnis tanah air benama Iskandar Widjaja, pria berusia 31 tahun, kelahiran Berlin, Jerman ini merilis video instrumennya di YouTube pada malam kemerdekaan, 16 Agustus 2016 lalu.

Dalam video itu, dia memainkan 2 lagu nasional secara medley dengan violin atau biola, lagu nasional pertama yang dia mainkan adalah Indonesia Pusaka dan dilanjut dengan lagu Tanah Air.  Permainan violinnya yang sangat artistik dan didukung dengan pemandangan alam pulau Bali membuat suasana kebangsaan ini terpancar. Bahkan ada komentar yang berkata “jir, kenapa netes air mata ya... hmmm” kata salah satu netizen dengan nama Angiris Malthael.

Video ini digarap oleh Imajinasi Film dan mengambil lokasi di Bali, disutradarai oleh Rudy Iskandar dan musik aransemennya digarap oleh Andreas Arianto dan Iskandar Widjaja sendiri dan dari perilisannya, video ini sudah menuai 250,123 viewers.

Selain karya dari Iskandar Widjaja, gabungan musisi dan penyanyi Indonesia dari berbagai generasi juga terlibat dalam sebuah projek musik kebangsaan. Beberapa musisi dan penyanyi, seperti Raisa Adriana, Ariel Noah, Momo, Afgan Sayhreza, Bimbo, Gita Gutawa, Marcell, Rossa, Glenn Fredly, Isyana Sarasvati, Andre Hehanusa, Ikke Nurjanah, Tulus, Cita Citata, Vina Panduwinata, Tantowi Yahya, Tompi, Judika, Once Mekkel hingga Edo Kodologit menyanyikan lagu nasional

4 lagu nasional dinyanyikan secara mash-up, seperti Rayuan Pulau Kelapa, Zamrud Khatulistiwa, Kolam Susu dan Pemuda. Video berdurasi 7 menit 3 detik ini memberikan pesan tentang kesatuan bangsa dalam keberagaman latar belakang dan budaya. Dan dari perilisannya di YouTube, yaitu tanggal 11 Januari 2017 lalu, video ini sudah memperoleh 106,516 viewers. Video ini terlihat makin terasa kebangsaannya karena didukung dengan background alam Indonesia yang identik dengan pertanian dan kelautan.

 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda

  • Terbaru
  • Terpopuler