Rabu, 22 November 2017

Music Technology Lifestyle

NotateMe, Menulis Notasi Dengan Jari Anda

Penulis :
Jumat, 23/05/2014 9:41:35 | Dibaca: 1842




NotateMe, Menulis Notasi Dengan Jari Anda

midnightmusic.com.au


 

CompusicianNews.com –Pembelajaran- NotateMe memungkinkan anda untuk menulis notasi pada iPad atau iPhone dengan menggunakan jari anda atau stylus dan nantinya akan terlihat berubah menjadi notasi yang ‘tercetak’ seperti yang anda tulis. Setiap notasi dapat menghasilkan suara sejauh anda membuat notasi itu dan memungkinkan anda untuk “mendengar buktinya” selagi anda bekerja. NotateMe sekarang memiliki versi gratis  yang disediakan terbatas untuk single stave.

Dalam penggunaannya, NotateMe memerlukan sedikit praktek supaya anda dapat terbiasa dengan aplikasi ini, dan anda perlu tahu bahwa setiap notasi yang anda tulis akan menhasilkan suara dan itu adalah sesuatu yang ajaib yang dihasilkan oleh aplikasi ini.

Saat anda pertama kali menggunakan NotateMe, aplikasi ini memiliki “periode pembelajaran” dimana aplikasi ini mempelajari gaya penulisan anda.

Layar NotateMe dibagi menjadi 2 bagian:

  • Anda menulis notasi anda dalam setengah turun.
  • Interpretasi NotateMe muncul di bagian atas layar selama anda menulis.

Teknologi dibalik aplikasi ini begitu mengaggumkan dan bagi anda yang terbiasa menulis notasi dengan tangan dan kertas, anda akan terbantu banyak dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini cocok dipakai untuk anak usia 7 tahun keatas karena di umur itu, anak dapat diberi penjelasan yang jelas mengenai bagaimana menulis di layar iPad karena berbeda dengan menulis di atas kertas dengan pensil.

Seorang anak pasti akan frustrasi saat memainkan aplikasi ini saat tidak ada notasi yang dikenali oleh aplikasi ini tapi biasanya saat notasi dikenali oleh aplikasi ini, semangat anak itupun akan meningkat, maka dari itu seorang guru perlu dengan teliti dalam mengajar menggunakan aplikasi layar sentuh ini. Jangan sampai semangat seorang anak menurun hanya dikarenakan aplikasi pembelajaran ini.

Aplikasi ini sebenarnya meskipun terlihat canggih tapi sebenarnya aplikasi ini masih menggunakan cara tradisional dalam menulis suatu aplikasi dimana kita masih menggunakan jari kita untuk menulis sebuah notasi.

Jika anda memiliki versi yang lengkap, anda juga dapat mengeksport score notasi sebagai MIDI file yang memungkinkan anda untuk membukanya di platform lain atau aplikasi audio lain yang cocok.

Berikut ini beberapa tips untuk penggunaan NotateMe;

  1. Jika anda kesulitan dalam menggunakan jari, anda dapat menggunakan Stylus yang dapat anda peroleh lewat amazon.com, e-bay atau web-web online shop lainya.
  2. Jika aplikasi tidak mengenali notasi yang anda msukan, tambahkan beberapa stroke, warnai kepala note sedikit atau tambahkan lama notasi pada stem. Aplikasi ini akan membaca ulang sebagaimana anda membuat sebuah penyesuaian.
  3. Hapus notasi yang salahdengan cara : lingkari kesalahan dan kemudian flick atau geser dengan cepat keatas atau kebawah untuk menghapus.

Berikut ini video tutorial yang dapat anda jadikan panduan anda dalam mempelajari aplikasi ini.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda