Jumat, 20 Oktober 2017

Music Technology Lifestyle

Perkembangan Ampli Fender dan Bassman dari Tahun ke Tahun

Penulis :
Sabtu, 11/03/2017 12:08:56 | Dibaca: 431




Perkembangan Ampli Fender dan Bassman dari Tahun ke Tahun

Dionne Lee


Compusiciannews.com -Hardware- Di awal dekade pembentukan perusahaan, ampli Fender sering mendapat masalah, namun hal ini membuatnya cepat berkembang. Fender bertahap keluar dari desain TV-Front di musim panas 1952 menuju desain yang lebih mendunia dan Bassman bukan pengecualian. Dibentuk dengan front panel yang lebih luas, versi 1953 (model 5B6) adalah ampli yang sama seperti TV-front pendahulunya. Pada waktu itu, Fender masih memujinya hanya sebagai ampli bass.

Jumlah musisi terus meningkat dan Bassman dikenal mampu membuat ampli dan harmonica gitar menjadi lebih baik. Fender memperhatikan hal ini dan segera menghentikan pembuatan ampli yang hanya dikhususkan untuk model ampli saja. Dan jika gitaris terkesan dengan nada dan power dari beragam model panel 5B6 1953-1955, mereka akan terkesan dengan generasi ampli berikutnya.

Tentunya powerful, empat speaker 10” dan  model 1959 bisa sangat mengisi ruang dengan speaker Jensen P1O yang sudah di-upgrade dan merupakan rangkaian ampli yang ditiru di London pada tahun 1962 oleh Jim Marshall dan Ken Bran sebagai basis gitar amplifier pertama. Era Tweed berakhir di tahun 1950, namun model F6-A masih terus dirilis di tahun 1960 ketika sebagian besar ampli Fender diganti dari era Tweed menjadi lapisan vinil bertekstur yang dinamai Tolex.

1960 menjadi tahun perubahan konstan bagi Bassman. Narrow –panel tweed model 5F6-A sukses di tahun 1960 dengan merilis versi yang sangat berbeda, model 6G6 yang merupakan model piggyback 1x12” Tolex berwarna pirang dengan bahan grille berwarna merah tua, control panel coklat di bagian depan dan brown handle, Knob “Chickenhead” hitam tahun diganti dengan knob putih berbentuk silinder. Bahan kisi-kisi  berwarna putih tepung mengganti warna merah tua di akhir tahun 1962 dan black handle kuat mengganti brown handle diawal tahun 1963.

Perkembangan selanjutnya dari Bassman 2x12” muncul di pertengahan tahun 1963 dengan control panel yang nomornya berwarna hitam, knob silinder berwarna putih, bahan kisi-kisi berwarna emas berkilau dan mengangkat logo Fender. Untuk perkembangan lebih detail, kunjungi website ini.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda