Senin, 26 Juni 2017

Music Technology Lifestyle

Proses Mastering dan Distribusi Digital Album Indie

Penulis :
Selasa, 14/03/2017 9:00:00 | Dibaca: 285




Proses Mastering dan Distribusi Digital Album Indie

digitalmusicnews


Compusiciannews.com -Learning Apps- Anda bisa membuat album digital secara professional di-Master dan menjadikannya tersedia di toko-toko musik populer dan layanan-layanan streaming. Perkiraan dananya bisa dimulai dalam perkiraan US$ 40 per lagu untuk proses mastering dan ditambah US$ 50 untuk proses distribusi digital album dan Anda bisa memungkinkan diri untuk bisa menyelesaikan projek ini dalam beberapa bulan.

Namun jika Anda ingin mencoba untuk merilis karya musik Anda tanpa menghabiskan budget yang besar, Anda bisa melakukan proses mastering track Anda sendiri, kemudian atur akun Free PayPal Anda dan akun Bandcamp Anda, unggah album Anda ke Bandcamp dan secara resmi Anda telah merilis musik Anda secara digital.

Berikut ini beberapa proses untuk proses mastering karya musik Anda:

Atur Spec, berikut ini beberapa spec yang harus Anda kalkulasikan dalam proses ini:

Audio File Format:

Anda harus menyimpan mix akhir Anda ke jenis HQ (High Quality) stereo WAV atau AUDD dengan 24 bit sebagai standardnya. Jenis file ini adalah file yang akan akan Anda masukan ke proses mastering, dan yang Anda dapat dari proses mastering dan yang akan Anda unggah ke toko-toko digital atau layanan streaming, dan ingat MP3 adalah jenis file yang tidak akan diterima oleh sistem di toko-toko digital atau layanan streaming.

Artwork :

Untuk lebih amannya, simpan album cover Digital Anda dengan ukuran 2400x2400 pixel, JPG atau PNG dan setidaknya  72 dpi dan dalam mode warna RGB.

UPC dan ISRC code:

Untuk menjual musik Anda di iTunes atau di platform-platform berbayar lainnya, Anda perlu melalui Digital Distributor dan mereka akan memberikan Anda baik itu UPC code untuk album Anda yang akan mengidentifikasi album dan memonitori penjualan Album atau karya musik Anda, dan ISRC Code untuk masing-masing track, fungsinya sama seperti UPC namun pengawasan ini lebih ke masing-masing track atau per lagu.

 

Mastering

Untuk memperoleh mix akhir yang telah secara professional di-proses master, Anda perlu memiliki pendanaan awal kira-kira US$ 40 per lagu dan Anda harus merencanakan proses tunggu Anda selama 4-8 minggu dari hari Anda mengumpilkan file hingga hari dimana Anda mengunduh proses master akhir Anda.

Jika Anda mencari jawaban yang cepat pada pertanyaan “Haruskah file digital saya diproses mastering?” jawabannya adalah “YA”

Kenapa?

Proses mastering mespesialisasikan pada proses standarisasi dan pemurnian dari segi dinamiknya, keras suaranya, konsistensi dan timing dari track Anda. Mastering ini merupakan  proses penerapan level dasar dari EQ dan Compression, dengan membantu masing-masing unsur dari karya musik Anda supaya lebih jelas dan lebih smooth. 

Namun jika Anda tidak memiliki budget cukup, Anda bisa menggunakan platform-platform mastering online yang tersedia, salah satu contohnya Anda bisa kunjungi situs ini www.landr.com/Free-Mastering atau Anda bisa mencari-cari pilihan platform lain yang sesuai dengan kenyamanan Anda.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda

  • Terbaru
  • Terpopuler