Minggu, 25 Juni 2017

Music Technology Lifestyle

Sejarah dan Perkembangan Film Musikal Dunia dan Tanah Air

Penulis :
Senin, 22/05/2017 17:03:48 | Dibaca: 90




Sejarah dan Perkembangan Film Musikal Dunia dan Tanah Air


-Fokus Utama- Musik dan Film adalah 2 hal yang tak bisa dipisahkan dalam industri hiburan, kedua hal ini saling bergantung satu dengan yang lain. Bahkan sebuah film bisa booming karena soundtrack film yang memukau, seperti soundtrack lagu Let it Go dari film animasi Frozen yang sempat menjadi lagu yang sering didengar di akhir tahun 2013 hingga awal tahun 2014 lalu.

Karena begitu besarnya pengaruh musik dalam film ini, munculkah film-film yang berbau musikal. Film musikal sendiri adalah sebuah genre film dimana para pemain dalam film itu menyanyikan beberapa soundtrack lagu yang berhubungan dengan alur cerita dan biasanya juga diikuti dengan tari-tarian. Perkembangan film musikal sendiri diawali dari sebuah panggung musik setelah munculnya teknologi film suara, jadi film musikal kerap kali mengingatkan kita mengenai unsur seni teater.

Film musikal pertama dibuat dalam format film pendek oleh Lee De Forest di tahun 1923-1924 dan sejak saat itu beberapa film musikal dengan format film pendek diproduksi dan kebanyakan menampilkan band, vokalis dan penari dan soundtrack musik dimainkan saat aktor digambarkan karakter mereka seperti yang mereka lakukan di film bisu atau film tanpa dialog.

The Jazz Singer, dirilis pada tahun 1927 oleh Warner Bross, merupakan film pertama dengan dialog yang disinkronkan dengan musik, bahkan film ini juga merupakan film dengan fitur musik pertama di era itu. di era millennium, film musikal masih berkembang dah bahkan lebih menarik kemasannya, film-film musikal era millennium diantaranya seperti Moulin Rougue, Across the Universe, Enchanted, hingga Mamamia berhasil merebut nominasi Oscar dan beberapa memenangkan penghargaan. Selengkapnya di E-Magz 'Film Musikal' 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda

  • Terbaru
  • Terpopuler