Senin, 26 Juni 2017

Music Technology Lifestyle

Teknik Mengaransemen Strings Ansamble

Penulis :
Kamis, 28/07/2016 9:00:00 | Dibaca: 1205




Teknik Mengaransemen Strings Ansamble

www.flstudio-samples.com


Compusiciannews.com -Instrument- Lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai ‘Apa itu Arransemen dan Orkestrasi.’ Kali ini kita akan membahas tentang cara mengaransemen musik dengan strings ansambel. Ada beberapa teknik yang bisa kita terapkan pada sebuah aransemen.

Pada music pop instrument yang biasa dipakai untuk mengorkestrasi  adalah dengan instrument strings. Pertama – tama cobalah membuat basic rhythm (ritme dasar) dengan sebuah progressi chord sederhana, sesuaikan ide dasar yaitu menentukan beat drum dan bass, serta progresi chord yang cocok dengan musik kita. Karena sebuah lagu atau musik pada bagian ritme tersebut yang akan membuat musik itu lebih hidup dan membuat orang bisa bergoyang menikmati musik. Setelah itu coba kita memasukan instrument strings ansamble kedalamnya.

Saat mengisi strings yang harus diperhatikan adalah memasukkan melodi yang berdasarkan chord, lebih dalamnya adalah harmoninya. Karena jika kita menaruh melodi yang tidak harmonis dengan chord maka akan terdengar sumbang atau tidak enak bunyinya. Ada banyak teknik dalam menyusun harmoni ini coba pelajari ilmu harmoni lebih dalam. Kalau sederhananya bisa melihat trinada atau triad pada sebuah chord, contoh rumus dalam menyusun akor mayor ; 1 – 3 – 5 pada nada dasar C berarti berisi C- E – G. jika akan membentuk chord minor maka rumusnya 1 – 3b – 5 pada nada dasar C adalah C – Eb – G.

Ada 3 cara dalam mengorkestrasi strings ansambel, yaitu :

1. Close Position

Penempatan nada dalam jarak dekat, seperti contoh Do – Mi atau Mi - Sol ini berjarak dekat. Jadi strings dimainkan dengan chord atau harmony dalam close position, seperti gambar dibawah ini.

 

2. Open Position

Penempatan nada yang terurai dalam jarak yang berjauhan, seperti Do – Sol atau Mi - Do ini disebut jarak jauh. Jadi strings dimainkan dengan chord atau harmony dalam open position, lihat pada gambar.

3. Unisone

Unisono kalau diartikan Uni itu satu, Sono adalah suara. Jadi arti unisono adalah satu suara. Dimana satu suara atau satu nada dinyanyikan bersama-sama. Contoh jika melodi memainkan do – mi – re – fa maka yang dikatakan unisono adalah suara strings, piano, guitar, dan lain-lain ikut memainkan nada tersebut.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda

  • Terbaru
  • Terpopuler