Rabu, 22 November 2017

Music Technology Lifestyle

Vocaloid, Menghasilkan "Penyanyi" Tanpa Seorang Penyanyi

Penulis :
Jumat, 18/04/2014 0:40:44 | Dibaca: 2318




Vocaloid, Menghasilkan "Penyanyi" Tanpa Seorang Penyanyi

google.com


CompusicianNews.com - Pembelajaran - Vocaloid / ボーカロイド (baca: Bōkaroido) adalah sebuah software atau DAW yang menonjolkan fitur singing voice synthesizer. Software ini dikembangkan melalui proyek penelitian bersama yang dipimpin oleh Kenmochi Hideki di Pompeu Fabra University di Barcelona, Catalonia, Spanyol pada tahun 2000. Hasil penelitian ini kemudian didukung oleh Yamaha Corporation yang kemudian dikomersilkan untuk pertama kalinya pada tanggal 26 Februari 2003.

Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk melakukan rekayasa vocal dengan cara mengetik lirik dan melodi. Tidak hanya itu, Vocaloid juga dapat mengubah tekanan, pengucapan, nada suara, dan dinamika dari lirik yang telah kita tulis. Efek vibrato pun dapat kita tambahkan pada setiap penggalan lirik yang kita tulis, sehingga tidak mustahil bagi kita untuk menciptakan suara seperti suara penyanyi sungguhan.

Setiap software Vocaloid, tidak dijual secara terpisah, melainkan di-bundle dengan 1 karakter suara. Jadi, setiap pembeliannya, terdapat 1 CD editor dan 1 karakter suara atau biasa disebut vocal bank.

Vocaloid, pada awal perilisannya hanya tersedia dalam karakter suara pria berbahasa Inggris. Dimulai dari vocal bank yang pertama disebut Vocaloid Leon. Kemudian, perilisan selanjutnya terdapat beberapa vocal bank seperti Lola, Miriam (pengisi suara Miriam adalah Miriam Stockley yang menyanyikan seri album Adiemus) setelah itu, muncul pula vocal bank berbahasa Jepang seperti Meiko dan Kaito. 

Hingga sekarang, software Vocaloid telah mencapai seri Vocaloid 3, telah ditambahkan beberapa vocal bank baru seperti Vocaloid Bruno yang dapat memproses lirik Spanyol, Luo Tianyi dan Yan Dia untuk bahasa Cina, SeeU unutk Korea, Ona untuk Catalan (bahasa Roma), dan Alys untuk bahasa Perancis.

Sistem Arsitektur
Teknologi yang digunakan oleh software Vocaloid dapat dikategorikan sebagai Concatenative Synthesis yang mana splice dan fragmen vokalnya diambil dari suara menyanyi manusia dalam domain frekuensi.

Bagian utama dari Vocaloid adalah Score EditorSinger Library, dan Synthesis Engine dimana Synthesis Engine menerima informasi skor dari Score Editor, suara dari Singer Library, dan merangkai keseluruhannya untuk menghasilkan suara yang telah disintesis.

Score Editor
Score Editor pada software Vocaloid bergaya Piano Roll yang mana pada lembar kerjanya kita dapat menginputkan lirik dan beberpa ekspresi. Untuk penulisan lirik, kita cukup menuliskan lirik sesuai bahasa yang didukung oleh Vocal bank kita. Pada Score Editor ini kita juga dapat menambahkan parameter untuk menambahkan ekspresi suara sehingga dapat tercipta suara yang menyerupai realita. 

Singer Library
Setiap lisensi Vocal Bank Vocaloid, diambil dari fragmen sample vokal dari orang sungguhan. Database dari Vocal Bank memiliki semua kemungkinan kombinasi fonem dari bahasa yang dimiliki oleh karakter vokal, seperti diphones (hubungan antar 2 fonem yang berbeda), dan sustained vowels, serta polyphones dengan lebih dari dua fonem.

Synthesis Engine
Synthesis Engine menerima informasi skor dalam bentuk MIDI khusus yang disebut Vocaloid MIDI yang dihasilkan oleh Score Editor Vocaloid.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda