Sabtu, 16 Desember 2017

Music Technology Lifestyle

iPhone X Muncul, Kamu Merasa iPhone Lamamu Lemot?

Penulis :
Minggu, 19/11/2017 12:00:00 | Dibaca: 183




iPhone X Muncul, Kamu Merasa iPhone Lamamu Lemot?

iPhone X


Compusiciannews.com - Gadget - Sudah menjadi jadwal rutin untuk perusahaan sebesar Apple menawarkan fitur terbaru iPhone setiap tahun. Semenjak munculnya iPhone 8, disusul iPhone X, para pengguna produk Apple ini mulai protes bahwa iPhone lama yang mereka miliki saat ini semakin lemot. Penelitian oleh Google sudah menunjukkan bahwa pencarian di Google dengan keyword "iPhone slow" sudah meningkat mencapai 50% sejak dirilisnya fitur gadget terbaru ini. 

Fenomena ini kemudian menyerbarluas ke semua orang, dan mereka mulai menyimpulkan perusahaan-perusahaan teknologi semacam ini memang bermaksud melemahkan atau merusak smartphone dan komputer yang lama, supaya semua orang membeli produk yang baru tiap tahunnya. Ahli teori konspirasi kemudian menyebutkan strategi ini adalah sebagai "planned obsolescence" atau cara yang sudah direncanakan supaya produk tersebut tidak dipakai lagi.

Itu semua hanya mitos! Saat proses yang lamban terjadi pada gadget, pasti ada penyebabnya. Dan peluang terbesar yang mengakibatkannya adalah software upgrade.

Manajer program Microsoft yang bekerja di Windows XP, Greg Raiz mengatakan bahwa tidak ada niat dari perusahaan-perusahaan sistem operasi untuk membuat planned obsolescence. Yang menjadi masalah adalah software, dan software memiliki bermacam kesalahan dan hal-hal kecil lainnya yang mengganggu sistem operasi.

Seperti misalnya, sebelum perusahaan seperti Apple, Microsoft, dan Google mengeluarkan produk baru, maka pasti akan selalu muncul upgrade untuk sistem operasi mereka. Misalnya sebelum iPhone 8 rilis di bulan September, maka ada software update ke iOS 11 untuk iPhone, bahkan untuk iPhone 5S.

Dalam proses updating software ini sebenarnya juga adalah proses yang cukup rumit, mulai dari tetap mempertahankan file, applikasi, dan setting selama proses berlangsung. Maka dari itu ibarat mengganti dengan yang baru, pasti ada beberapaa masalah yang muncul setelahnya. Ibarat mengganti pipa air rumah, tanpa merusak yang lain, kata Scott Berkun, penulis dan manajer Microsoft.

Tapi tidak usah khawatir, berikut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi gadget yang lemot. Langkah ini didapatkan dari hasil wawancara dengan ahli teknologi informasi profesional dan ahli sistem operasi.

Pertama, Start fresh. Artinya adalah memindahkan semua data, mulai dari foto, email, aplikasi, dan data lainnya ke drive lain, atau memindahkan ke iCloud.

Kedua, Remove the 'Cruft'. Artinya adalah bersihkan sistem, dengan cara downlad aplikasi Onyx untuk pengguna Mac. Untuk pengguna Windows, maka terapkan cleanup utility yang berada dalam settings. Dan reset settings untuk iPhone dan Android, tetapi semua data harus sudah diback-up, mengantisipasi adanya beberapa data yang hilang setelah updating selesai.

Ketiga, Perhatikan Storage. Jangan mengisi storage dengan data sampai penuh, karena hal ini yang seringkali membuat gadget lemot. Lebih baik membeli storage yang lebih banyak untuk persediaan, jadi pakai 256GB tetapi diisi hanya sekitar 64GB.

Keempat, Inves Prasarana. Maksudnya adalah kelambatan yang terjadi bisa saja bukan berasal dari gadgetnya, tetapi bisa karena aplikasi yang dipakai kebanyakan harus menggunakan koneksi internet, jadi sangat mungkin bahwa koneksi WiFi yang jelek dapat membuat iPhone lemot. Mr.Denslow menyarankan menggunakan produk seperti Google WiFi dan Eero yang dapat memberikan akses internet yang kuat.

Dan yang terakhir adalah, Upgrade. Ada beberapa aplikasi yang juga diperbaharui mengikuti software yang juga selalu diperbaharui. Terkadang juga aplikasi tersebut tidak bisa digunakan jika belum diupgrade. Mr.Raiz, manajer program Microsoft juga menemukan masalah, malah setelah ia selesai upgrade iOS 11. Namun masalah itu dapat diselesaikan dengan mereset setting device.

Jadi, nggak bener ya kalau iPhone lama lebih lemot daripada iPhone X. Kita sebagai pengguna harus rajin-rajin merawat gadget dengan benar ya!

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda