2 Jebolan American Idol Layangkan Gugatan Kepada Sony Music

 

Compusiciannews.com -Kabar Selebriti- Sementara banyak pihak yang menyalahkan Spotify atas pembayaran royalti yang rendah kepada para artis, ternyata masih banyak tuduhan lain yang mengarah ke pihak lain, yaitu label rekaman itu sendiri. Dalam sengketa barunya, artis jebolan ajang pencarian bakat American Idol Carrie Underwood, Kelly Clarkson dan perusahaan hiburan 19 Recordings menuntut Sony Music, dengan mengklaim bahwa label itu melakukan persetujuan dengan Spotify tanpa sepengetahuan mereka.

Sebagaimana telah dilaporkan, pihak penggunggat mengklaim bahwa mereka memperoleh pembayaran royalti yang pada dasarnya berada di bawah nilai pasar dan Sony memanfaatkan karya mereka untuk memperoleh kompensasi lain yang dimana Sony tidak harus berbagi dengan 19 Recordings dan para artis.

Gugatan ini mengklaim bahwa Sony yang memiliki saham minoritas di Spotify tidak menegosiasikan terlebih dahulu dengan para pemegang hak dan para artis saat bernegosiasi dengan layanan streaming raksasa itu. Sengketa ini menjelaskan bahwa Sony menegosiasikan royalti yang lebih rendah  kepada para artis dan pemegang hak dengan harapan saham iklannya lebih besar dan memberoleh penerimaan lain dari Spotify yang tidak harus mereka bagi dengan pihak-pihak lainnya.

Selebihnya, para artis mengklaim bahwa Universal dan Warner, yang dua-duanya memiliki saham minoritas dalam Spotify yang juga diduga terlibat kasus ini dan jika sengketa ini berjalan, kemungkinan besar Universal dan Warner juga akan terbawa masuk dalam kasus ini bersama Sony Music dimana 3 label in adalah pemengang hak cipta terbesar dalam industri musik dunia saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *