20 Sekolah Dasar Se-Surakarta Ikuti Kelas Inspirasi Solo Mengajar

 

CompusicianNews.com –Pendidikan- Kelas Inspirasi oleh Solo Mengajar diadakan pada hari Selasa, 17 Juni 2014 kemarin dan diadakan serentak di 20 Sekolah Dasar Negeri di Surakarta dan tahun ini adalah tahun kedua Solo Mengajar mengadakan event ini. Event ini melibatkan beberapa inspirator yang merupakan tenaga professional yang ahli di bidangnya dan mereka dituntut untuk memberi inspirasi kepada siswa-siswi Sekolah Dasar melalui pengalaman di dunia kerja sesuai profesi para inspirator.

Tujuan dari program Kelas Inspirasi ini sendiri adalah supaya siswa-siswi SD memperoleh gambaran kedepan mengenai profesi apa yang akan mereka jalani di masa yang akan datang melalui cerita-cerita inspiratif dari para tenaga professional yang ada.

Salah satu kegiatan Kelas Inspirasi ini berada di SD Negeri Serengan II, dimana ada 4 Inspirator yang mengampu siswa-siswi kelas 4-6 yang berjumlah 100 anak. 4 Inspirator itu dari berbagai profesi, seperti Pak Guntur Yoga yang berprofesi sebagai Pengacara, Bu Umi Nhana yang merupakan seorang pengusaha sebuah lembaga pelatihan guru, Satriyo Wibowo atau kerap disapa dengan nama Mas Bowo yang merupakan Manager Training di Sekolah Musik Indonesia dan tak ketinggalan Yesaya Whisnu Wardhana, Editor dan Jurnalis dari CompusicianNews.com.

Masing-masing inspirator membagikan pengalaman mereka dalam menjalani profesinya seperti Pak Guntur Yoga mengajarkan tentang penegakan hukum melalui hal-hal sederhana, kemudian ada Bu Nhana yang mengajarkan mengenai kewirausahaan, dan Mas Bowo sebagai perwakilan dari Sekolah Musik Indonesia memberikan wawasan mengenai musik teknologi dimana Mas Bowo dalam sesinya mengajak siswa-siswi SD Serengan II untuk bernyanyi bersama menyanyikan lagu ‘Laskar Pelangi’ dan kemudian direkam.

 Selama sesi dari Mas Bowo ini, para siswa-siswi terlihat antusias mengikuti, mereka terlihat kompak dalam bernyanyi. Selain memberikan wawasan mengenai musik teknologi, Mas Bowo juga memberikan cerita inspiratif dimana Mas Bowo ini yang sekarang telah menjadi Manager Training di Sekolah Musik Indonesia adalah berasal dari keluarga yang sederhana, sang Ayah adalah seorang pengemudi becak dan Mas Bowo ini merupakan anak ketiga dari  bersaudara.

Secara kondisi, tidak mungkin Mas Bowo bisa mencapai hingga titik ini tapi Mas Bowo menekankan kepada para siswa untuk terus tekun dan pantang menyerah dalam menggapai mimpinya. Hingga saat ini Mas Bowo sudah berhasil mencetak guru-guru musik yang mengajar di Sekolah Musik Indonesia.

Yesaya Whisnu Wardhana sebagai perwakilan dari Media Compusician juga memberikan sesi mengenai pengalaman sebagai wartawan. Melalui sesi ini juga siswa-siswi diajarkan untuk mengembangkan talenta menulisnya karena lewat tulisan akan berdampak besar bagi orang yang membacanya.

Kegiatan Kelas Inspirasi diakhiri dengan pelepasan balon dengan harapan bahwa cita-cita dan harapan para siswa dapat setinggi balon itu terbang dan juga para siswa menuliskan impiannya yang kemudian ditempel di sterofom yang nantinya akan dipasang di kelas masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *