Reactible, Melodi yang Terkontrol oleh Kubus

Spread the love
  •  
  •  
  •  

 

CompusicianNews.com -Artistik- Musik yang biasanya hanya dapat didengar dan dirasakan, sekarang melalui Reactable, Musik juga dapat dilihat.  Reactable merupakan instrument music elektronik dengan tabletop Tangible User  Interface yang telah dikembangkan oleh Music Technology Group yang ada di Universitat Pompeu Fabra di Barcelona, Spanyol oleh Sergi Jorda, Marcos Alonso, Martin Kaltenbrunner dan Gunter Geiger. Di akhir tahun 2010, versi mobile reactable telah dirilis untuk iOS yang memberikan banyak kesempatan kepada musisi untuk proses Multi-touch sequencing.

Perangkat ini beroperasi dengan cara menempatkan kota-kotak yang disebut Tangibel pada meja permukaannya dan proses Interface-nya dengan layar visual via tangible atau fingertip, Virtual Modular Synthesizer yang dioperasikan dapat digunakan untuk membuat musik atau efek-efek suara.

Untuk tangible sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda yang mewakili modul yang berbeda pula dari analog synthesizer. Audio frekuensi seperti VCO, LFO, VCF dan Sequencer merupakan tangible yang umum dipakai. Ada juga beberapa tangible yang mempengaruhi modul-modul lain; salah satunya disebut radar yang merupakan periodic trigger dan yang lain disebut tonalizer yang membatasi VCO pada nada-nada skala musik

Kebanyakan perangkat digunakan di saat konser, Reactable memungkinkan para musisi untuk menciptakan track atau karya dengn menekan beberapa objek yang ditempatkan pada layar multi-touch yang menyebabkan perubahan pada real-time musik sebagaimana feedback visual yang dapat anda ‘lihat” lagunya (Untuk lebih jelasnya, lihat videonya di Youtube “reactable”)

Anton Furner, yang membentuk Live Techno Act berkata bahwa fisikalitas Reactable memungkinkan kita untuk bergerak denganmusikalitas intuitif kita.

Dia menambahkan “Saat aku memainkan laguku seperti merangkai instrument band yang kemudian aku bangun beragam dan mencampurkannya pada permukaan meja real time di perangkat ini.” 

Feedback Visual disini berarti anda dapat dengan jelas melihat musik dan juga mudah untuk dimengerti audiens mengenai apa yang anda kerjakan dan anda mainkan.

Meskipun Furner juga mengakui ada beberapa kelemahan, “Satu masalah dengan Reactable adalah kadang objek terhubung yang salah menyebabkan kekacauan di track anda.” pungkas Furner.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *