Roland Jupiter 8: Menghasilkan Suara Analog Yang Keren dan Autentik

Spread the love
  •  
  •  
  •  

Compusiciannews.com – Review – Roland Jupiter-8 dulunya merupakan analog synthesizer pertama dari Roland. Jupiter-8 terdiri dari 16 oscoillator, 8 suara polyphony dan pemograman yang mudah. Pada 8 suara yang dapat anda peroleh beberapa suara analog tebalnya. Pemogramannya mudah dan intuitif via front panel slider, knob dan tombol untuk semua kebutuhan tweaking anda

 Legasi dari Jupiter synthesizer berdasarkan arsitektur suara unik dan desainnya, menciptakan suara yang tidak begitu nyata tapi luar biasa yang harus didengar. Tidak ada synthesizer didunia yang dapat menciptakan suara analog sekeren dan seautentik yang dihasilkan oleh Jupiter 8.

Jupiter-8 merupakan perangkat paling besar dan paling gemuk diantara seri roland lainnya (Jupiter dan Juno). Merupakan salah satu synthesizer pertama yang memungkinkan keyboardnya yang dapat dipisah dan dilapis-lapiskan. Cross-mod, Oscillator Sync, LFO dan Classic Arpeggiator sudah On-Board. Terdapat juga killer resonant analog low pass filter, seperti pada Juno-6/0. Dengan pilihan yang ditambahkan dengan memilih model 2-pole (12 dB/oct) atau 4-pole (24 dB/oct).

Tidak seperti kouterpartnya yang lebih kecil, Jup 6-8 ini tidak memiliki MIDI Interface, hanya DCB Sync dari Roland yang dapat ditemukan  pada beberapa model. Bagaimanapun, MIDI retro kits tersedia dari berbagai macam perusahaan. Patch presetnya dapat menyimpan keyboard split, pengaturan arpegiator, mode voice assign, hold, Portamento dan pengaturan modulasi.

Jupiter-8 ini telah dipakai oleh beberapa musisi ternama, seperti : Tangerine Dream, Orbital, Future Sound of London, Moby, Duran Duran, Underworld, Vince Clarke, Überzone, Jean Michel Jarre, Roxy Music, OMD, A Flock Of Seagulls, Depeche Mode, Rush, Meat Beat Manifesto, Banco De Gaia, Josh Wink, Thomas Dolby, Howard Jones, The Cars, Prince, Gary Wright, Jan Hammer, BT, Adrian Lee, Heaven 17, Kitaro, Elvis Costello, Tears for Fears, Huey Lewis and the News, Journey, Moog Cookbook, Toto, Yes, Devo, Freddy Fresh, George Duke, Greg Phillanganes, Jonathan Cain of Journey, Greg Johnson & Kevin Kendrick of Cameo, Stevie Wonder and Simple Minds.

Jupiter 8 ini sudah dijual luas secara online di e-Bay dengan harga IDR128,850.57.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *