Membuat Speech Composing Dengan Melodyne

Spread the love
  •  
  •  
  •  

 

CompusicianNews.com – Plug In – Nama Eka Gustiwana pasti sudah tidak asing lagi diltelinga anda bukan? Ya , sebagai seorang composer, beliau juga banyak menciptakan lagu. Nama Eka Gusitwana mulai terangkat berawal dari lagu Demi Tuhan yang di speech composing.

Tidak banyak orang mengetahui proses dibalik pembuatan speech composing dan banyak orang bertanya-tanya, “Bagaimana membuat speech composing?”

Beberpa waktu yang lalu, melalui akun twitter-nya, Eka mengaku melakukan speech composing dengan menggunkan plug-in Melodyne yang mana plug-in ini berfungsi (sebenarnya) untuk melakukan tune vokal yang miss pitch.

Untuk lebih jelas bagaimana Eka melakukan speech composing, berikut tutorial singkat cara penggunaan Melodyne. Di sini saya menggunakan DAW Pro Tools MP9 sebagai jembatan plug-in.

 

1.Lakukan Rendering di Melodyne

Di sini saya beranggapan bahwa anda telah meng-install plug-in Melodyne dan telah mendapatkan sample suara (*.wav) yang akan kita tune.

Pertama, buka plug-in Melodyne, klik Transfer dan mainkan lagu anda hingga bar tertentu. Kemudian stop, dan Melodyne telah berhasil mengidentifikasi setiap nada pada file wav anda sehingga tampilan pada Melodyne akan seperti dibawah ini.

Tampilan Melodyne

2.Lakukan tuning gelombang wav ke nada yang anda inginkan

Setelah lagu ter-render,  klik tombol pitch tool untuk mengubah nada pada gelombang wav anda. Anda cukup men-drag gelombang anda yang telah dipisah menurut tune-nya ke nada yang diinginkan.

tuning tool

 

 

3.Mainkan Modulasi dan Drift untuk menyempurnakan tune

Untuk semakin menyempuranakan tune yang telah anda koreksi tadi, lakukan modulasi dan drift dengan cara klik kanan pada tombol pitch tool. Kemudian, anda cukup men-drag up/down gelombang yang akan anda modulasi.

modulasi n drift

 

 

 

4.Jika gelombang terdeteksi di antara 2 tune

Bagaimana jika ada kasus dimana gelombang berada di antara 2 tune? Misal antara nada C dan C#.  Lakukan formant dengan cara meng-klik formant tool yang dapat menyesuaikan pitch anda sedetil mungkin. Kemudian, anda cukup men-drag up/down gelombang yang akan anda formant.

formant

 

 

 

5.Perbesar/perkecil volume suara anda pada nada tertentu

Pada saat pengambilan suara vocal, tidak jarang terjadi pada nada-nada tertentu, penyanyi sering kehilangan power atau kelebihan power. Di Melodyne, kita dapat mengatasi permasalah ini dengan amplitude tools. Di sini anda cukup men-drag up/down gelombang yang akan perbesar/perkecil suaranya.

amplitude

 

 

 

6.Mengatur timing per nada

Ini yang sering terjadi pada saat pengambilan suara. Penyanyi terkadang tidak dapat mengimbangi tempo yang telah ditentukan. Entah karena kelelahan ataupun factor lainnya. Pada Melodyne, kita dapat mengatur timing yang tepat dengan menggunakan timing tool. Anda cukup men-drag left/right gelombang yang akan anda atur timing-nya.

timing

 

 

 

7.Memisahkan 2 nada yang terdeteksi 1 nada

Terkadang Melodyne melakukan suatu kesalahan dengan mendeteksi 2 nada berbeda sebagai 1 nada. Untuk mengatasi permasalahan ini, kita gunakan Note Separation tool. Anda cukup men-drag left/right gelombang yang akan anda pisah.

seperation

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *