PM Inggris Keluarkan Kebijakan Rating Umur Untuk Label Dan Situs Video

Spread the love
  •  
  •  
  •  

 

CompusicianNews.com – Isu Terkini- Perdana Menteri Inggris, David Cameron pada hari Senin (18/08) mengumumkan kepada layanan musik dan video online untuk memberikan rating umur dimana video-video yang ada dalam situs itu akan melawati sistem klasifikasi seperti pada sisem sensor film dalam upaya dalam memberikan informasi kepada orang tua anak untuk dapat melindungi anak-anak mereka dari konten yang tidak pantas ditonton.

Kebijakan ini juga melibatkan 3 musik label besar di Inggris, yaitu: Sony, Universal dan Warner Music sebagaimana juga dewan klasifikasi di Inggris atau British Board of Classification (BBFC), YouTube dan platform musik video Vevo.

Kebjikan ini akan berjalan selama 3 bulan yang dimulai pada bulan Oktober nanti. Musik yang dijual atau didistribusikan dalam disc atau bentuk fisik lain juga harus melalui tahapan ini.

Proses ini dimulai dengan label musik yang memasukan video musik yang mereka nilai terdapat konten yang diklasifikasikan pada umur tertentu dengan menggunakan panduan yang dari BBFC. Dari BBFC akan me-rating video dengan melihat konten-kontennya dan pihak label harus membayar biaya rating ini seperti pada industri perfilman. Proses ini menghabiskan waktu sekitar 1 hari, seperti yang dikutip dari pihak BBFC.

Rating 12, 15 atau 18 akan diterapkan pada video musik dan dikembalikan ke pihak label. Video yang dianggap tidak menyertakan konten yang diberatkan untuk anak-anak dibawah umur 12 tahun tidak akan di klasifikasikan.

Rating ini akan memberikan bentuk seperti dari pihak label musik akan menandai video dengan rating umur dari BBFC saat mengunggah video ke layanan hosting. YouTube dan Vevo adalah bagian dari studi kebijakan dan akan mendukung rating umur ini dengan menempatkan rating umur yang terlihat pada judul video  di situs yang mewakili.

Rating yang terlihat kemungkinan akan mengambil bentuk logo klasifikasi umur dari BBFC, yang nantinya ditujukan untuk memberikan informasi mengenai video yang anak-anak mereka tonton.

YouTube memiliki sistem yang sama untuk memperlihatkan rating BBFC pada film dan membutuhkan pengguna untuk setidaknya berumur minim 13 tahun untuk memiliki akun YouTube meskipun semua video dapat ditonton tanpa harus memiliki akun.

Video musik yang di-ratingkan hanya video yang dimasukan oleh label musik selama kebijakan ini berlangsung meskipun terdapat keputusan pada akhir kebijakan untuk video-video lama juga harus diklasifikasikan. 3 label besar akan melakukan kebijakan ini namun BPI yang mewakili Sony, Universal dan Warner Music dan lebih dari perusahaan musik independen mengharapkan semua label musik menerapkan sistem ini saat sistem sudah jadi total. Seperti yang dilaporkan juga, 3 bulan ini adalah masa percobaan karena sistem masih dalam masa finalisasi atau penyelesaian.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *