Lika-Liku Industri Musik Holywood

Spread the love
  •  
  •  
  •  

 

CompusicianNews.com –Industri- Sebagaimana layanan streaming semakin memuncak di Amerika Serikat, industri musik terus memecahkan  tonggak dan ini merupakan hal yang salah. Dalam beberapa minggu yang lalu, perolehan penjualan album hanya mencapai 3,97 juta  dan merupakan terkecil dalam ringkasan minggu ini menurut Nielsen yang memulai melacak data sejak tahun 1991. Dan juga menjadi pertama-kalinya penjualan jatuh hingga dibawah 4 juta.

Minggu lalupun cukup lambat. Untuk penjualan album dari Wiz Khalifa saja debutnya hanya memperoleh 90.000 unit, 3 album lainnya yang berada pada 10 besar rata-rata hanya memperoleh 31.000 unit dan Soundtrack Frozen tidak melebihi dari 100.000 unit per minggu.

 Untuk membadingkan, setahun yang lalu, di akhir bulan Agustus 2013, 4,88 juta album terjual. Namun penjualan ini telah kehilangan tenaga sepanjang tahun. Rata-rata mingguan penjualan jatuh dari 4,75 unit menjadi 4.55 juta dalam kwarter kedua. Dalam 8 minggu pertama, rata-rata penjualan telah jatuh lebih dalam hingga 4.2 juta.

Tahun ini, total keseluruhannya penjualan turun sebanyak 14,6%, sementara penjualan digital turun 11,7% dan penjualan track trurun 12,8%.

Karena begitu banyak consumer yang lebih memilih menikmati musik streaming, penurunan penjualan ini dinilai biasa. tahun ini saja hanya ada 5 minggu dimana jumlah penjualan berada diatas 5 juta kopi terjual.

Penjual eceran dan CD saja juga mengalami masa-masa tersulit karena penjualan mereka pada bulan Agustus lalu juga mengalami penurunan drastis, dari 19% hingga 25% penurunannya.

Pimpinan label rekamanpun tidak terkejut dengan penurunan ini. “Penjualan telah berjalan dalam arah yang salah saat ini,” satu pimpinan penjualan dari sebuah label berkata. “Streaming merupakan penjualan digital kanibalisasi bagi industri musik saat ini” tambahnya.

Namun tidak semua label merasakan dampak buruk dari layanan streaming, beberapa label mengaku bahwa pendapatan mereka dari layanan Streaming ini semaikin naik namun kecaman datang dari situs penjulalan digital yang  mereka masih merasa dirugikan dari adanya layanan streaming ini.

 “Tahun ini penjualan digital megalami kejatuhan yang tidak pernah diantispasi sebelumnya, dan itulah sebabnya banyak perusahaan tidak dapat memenuhi target penerimaan tahun ini.” Keluh salah satu pimpinan distributive indie.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *