Mengenal Perangkat Keras MIDI

Spread the love
  •  
  •  
  •  

 

Compusiciannews.com -Hardware- Beberapa Perangkat MIDI umumnya dapat diketegorikan sebagai pengendali, modul, dan Keyboard Synthesizer. Sebuah Pengendali (Controller) merupakan sebuah perangkat yang hanya dapat mengirimkan pesan MIDI (MIDI Message) ketika tuts keyboard ditekan dan tidak bisa mengeluarkan atau menghasilkan bunyi sendiri. Kenapa sebuah pengendali tidak dapat menghasilkan bunyi karena model pengendali MIDI tidak berisikan atau tidak mempunyai perangkat keras synthesizer yang bisa menghasilkan bunyi. Saat ini dipasaran banyak sekali model dan merk yang mewarkan berbagai model pengendali MIDI tapi umumnya semuanya Pengendali MIDI  terdapat beberapa tombol dan saklar untuk mengendalikan dan memanipulasi parameter musikal pada sebuah perangkat lunak  synthesizer. Umumnya pengendali MIDI ini bersifat portable dan berurukuran kecil, hanya terdiri dua oktaf.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul (Module)

Merupakan sebuah perangkat yang dapat menghasilkan bunyi ketika menerima pesan MIDI.Sebuah modul kebalikan dengan pengendali MIDI bahwa modul MIDI tidak memiliki papan kunci atatu tuts keyboard.Sebuah modul umumnya dirancang berbentuk kotak dan disusun dalam formasi rak untuk memudahkan pengaturan di studio atau dipanggung.

 

 

 

 

 

 

 

 

Keyboard Synthesizer Istilah keyboard synthesizer mempunyai arti yang ambigu, tetapi pemahaman tentang keyboard synthesizer disini adalah sebuahn perangkat yang dapay mengirim dan menerima pesan MIDI dan sekaligus dapat menghasilkan bunyi sendiri (modul). Bisa dikatakan disini bahwa keyboard Synthesizer penggabungan dua perangkat antara lain perangkat pengendali MIDI dan perangkat Modul MIDI kedalam satu perangkat yaitu  keyboard synthesizer.

 

 

 

 

 

Workstation Beberapa model keyboard synthesizer mempunyai beberapa fitur tambahan yang berfungsi untuk menaikan tingkat dari keyboard synthesizer biasa menjadi sebuah workstation. Selain dapat menerima serta mengirim pesan MIDI dan menghasilkan bunyi sendiri.Sebuah Keyboard Workstation mempunyai kemampuan untuk merekam audio digital sampel, onboard MIDI sequencer, dan memiliki berbagai macam effek audio.Perlu dicatat bahwa workstation lebih terbatas daripada komputer berbasis- DAW (Digital Audio Workstation).Dengan berbagi kombinasi dari sequencer, kemampuan menghasilkan bunyi, dan mungkin merekam dan memainkan ulang, sebuah keyboard workstation dapat sebagai solusi lengkap untuk menciptakan dan mempertunjukan musick. Ketika di studio rumahan atau pengaturan proyek studio, sebuah komputer bisanya digunakan untuk melakukan proses MIDI sequencing, menciptakan serta memproses bunyi, dan perekaman audio.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terdapat beberapa perangkat keras workstation yang tidak berbentuk keyboard misyalnya drum pad sebagai pengendali antarmuka utama. Yang paling terkenal contohnya adalaj akai MPC, yang mampu memicu sampel bunyi dan beberapa deret bantalannya ketika ditekan menyimpan data MIDI dan juga sebagai bagian dari MIDI sequencing perangkat seperti MPC dapat digunakan secara mandiri sebagai workstation atau terkoneksi ke komputer .

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *