Eka Gustiwana, Speech Composer Pertama di Indonesia

Spread the love
  •  
  •  
  •  

 

Compusiciannews.com -Sosok-  Dalam dunia musik saat ini, seorang musisi tidak hanya dituntut untuk mahir dalam memainkan sebuah instrumen musik tetapi juga dituntut untuk bisa menggunakan teknologi dalam dunia musik untuk menghasilkan karya yang kebih kreatif dan menarik.

Hal inilah yang dilakukan oleh Eka Gustiwana Putra, pria kelahiran Jakarta 1 Agustus 1989, yang mulai dikenal oleh masyarakat melalui karyanya “Demi Tuhan” sebuah lagu yang mengambil suara dari Arya Wiguna. Sebagaimana anda ketahui Eka Gustiwana memproses perkataan dari Arya Wiguna dengan sebuah software sehingga suara dari Arya Wiguna berubah menjadi sebuah nyanyian yang menarik untuk didengarkan. Karya dari Eka inilah yang disebut Speech Composing.

Secara sederhana pengertian dari Speech Composing adalah memproses perkataan menjadi sebuah nyanyian. Belum banyak musisi di Indonesia yang menggeluti bidang ini, dan Eka Gustiwana adalah Speech Composser pertama di Indonesia. Kemampuannya dalam bidang ini membuat karir dari Eka Gustiwana terus melejit. Beberapa karyanya yang terkenal adalah “BBM” yang merangkai perkataan dari Jeremy Teti, “Maju Mundur Cantik” dari Syahrini, dan “Disitu Saya Merasa Sedih” dari seorang Polwan bernama Dewi.

Eka Gustiwana Menggunakan software Melodyne untuk merangkai perkataan dari para tokoh menjadi sebuah nyanyian. Walaupun menggunakan sebuah software tetapi proses speech composing tidaklah semudah yang anda bayangkan, anda harus menata setiap perkataan dengan benar dan mengatur nada dari setiap suku katanya.

Selain fokus pada dunia speech composing Eka juga aktif sebagai music composser/songwriter, music arranger, commercial jingle. Perjalanan karir Eka tidaklah dilalui secara instan, ia berjuang kurang lebih selama 4 tahun untuk membangun karirnya sampai menjadi seperti sekarang. Eka tercatat pernah menjuarai beberapa kompetisi pembuatan jingle untuk berbagai instansi, salah satunya jingle Dunia Fantasi Jakarta. Dan dari hasil memenangi berbagai macam kompetisi tersebut Eka membangun studio rekaman dirumahnya.

Kini Eka Gustiwana menjadi salah satu artis youtube di Indonesia karena selalu menghasilkan karya-karya yang kreatif. Eka adalah salah satu inspirasi untuk para musisi yang ingin memaksimalkan teknologi musik dalam menghasilkan sebuah karya. Di bawah ini adalah salah satu video speech composing dari Eka Gustiwana.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *