Survey KPI: Stand Up Comedy Indonesia Jadi Acara Komedi Paling Diminati

Spread the love
  •  
  •  
  •  

 

Compusiciannews.com – Komunitas – Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI Pusat, baru-baru ini telah merilis hasil survey kelimanya. Survey yang dilakukan guna mengukur program siaran dari berbagai kategori yang dianggap paling berhasil menarik penonton sepanjang tahun 2015.

Survey KPI itu melibatkan sedikitnya 810 responden yang berasal dari berbagai latar belakang di sembilan kota di Indonesia. Pada hasil survey yang dirilis KPI menjelang akhir tahun ini, kejutan dihadirkan oleh Stand Up Comedy Indonesia Season 5 dari Kompas Tv. Acara komedi yang biasa disebut SUCI ini berhasil menduduki posisi pertama dalam daftar untuk kategori program komedi. Stand Up Comedy Indonesia rupanya sangat diminati pemirsa Indonesia di tahun ini. Bahkan stasiun televisi lain juga mulai menghadirkan acara serupa pada program acara televisinya.

Menurut data yang dilansir KPI, ada sekitar 61 persen responden yang memilih Stand Up Comedy Indonesia dari Kompas Tv. Angka tersebut unggul jauh dan memimpin di antara sekian banyak program komedi lainnya. Sejak awal, program Stand Up Comedy Indonesia yang disiarkan oleh Kompas Tv ini memang langsung mencuri perhatian penonton hingga semakin populer dan dekat dengan masyarakat. Tak heran, dari ajang pencarian bakat bagi para komika-komika berbakat di tanah air ini telah muncul bintang-bintang baru yang semakin lama semakin eksis di televisi nasional. Sebut saja Babe Cabita, Arie Kriting, Ernest Prakasa, Uus dan masih banyak lagi.

Dalam daftar rilis KPI, urutan kedua setelah Stand Up Comedy Indonesia diduduki oleh program Tetangga Masa Gitu yang disiarkan oleh Net. Sitkom ini mengangkat masalah sederhana dari kehidupan sehari-hari dua pasangan suami istri yang hidup bertetangga. Pasangan pertama telah menikah selama sepuluh tahun, sedangkan pasangan kedua baru menikah dalam beberapa bulan. Masalah-masalah yang ada di internal rumah tangga maupun dengan tetangga justru menarik untuk ditonton. Terbukti sitkom yang dibintangi Sophia Latjuba dan Dwi Sasono serta Chelsea Islan dan Deva Mahendra ini berhasil dipilih penonton hingga 24,10 persen.

Tak jauh dari raihan Tetangga Masa Gitu, daftar selanjutnya diisi program Klip Komedi yang tayang di Trans Tv yang mengekor dengan raihan 21,50 persen penonton. Program yang ditayangkan setiap hari Senin sampai Jum’at ini dikemas dengan cukup baik yang siap mengocok perut setiap penontonnya melalui tayangan-tayangan video yang kocak dan menghibur.

Hasil survey yang dilakukan oleh KPI memiliki hasil yang tentunya berbeda dari hasil pemeringkatan rating dan share yang dilakukan oleh Nielsen Media Research. Programer stasiun televisi umumnya akan menggunakan acuan dari hasil rating program-program televisi dan bukan survey KPI dalam penyusunan program di stasiun televisinya. KPI memiliki kriteria-kriteria khusus dalam memilih responden yang akan dilibatkan dalam setiap surveynya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *