Wow, Inilah Kisaran Gaji Sineas dan Pemain Film Blockbuster Hollywood!

Spread the love
  •  
  •  
  •  

 

Compusiciannews.com – Film – Produksi film tentu saja melibatkan banyak orang. Jumlahnya sampai ratusan, tak jarang sampai ribuan orang apabila membuat film tersebut merupakan epik sejarah. Dari pemeran utama sebuah film, sampai pemain figuran dan stuntman, semuanya punya andil dalam proses produksi film. Lalu, berapa bayaran mereka, dari sineas, kru hingga pemain?

Menjawab ini, Vanity Fair merilis video tentang kisaran penghasilan para sineas, kru dan pemain film Hollywood dengan biaya produksi yang besar atau blockbuster (rata-rata bujetnya 200 juta dolar AS, atau sekitar Rp 2,6 triliun).

Dari laporan Vanityfair, bayaran tertinggi yang didapat oleh pemeran utama sebuah film blockbuster bisa mencapai 12 juta dolar AS. Sedangkan untuk aktor utama nomor dua, besar bayarannya diperkirakan sebesar 4,5 juta dolar AS. Sedangkan untuk film berbujet produksi sebesar itu, sang sutradara mendapat bayaran 4 juta dolar AS, dan bayaran penulis skenario berkisar antara 250 ribu dolar AS hingga 3,5 juta dolar AS.

Untuk sutradara dan penulis skenario, jumlah bayaran yang diterima itu biasanya tergantung dari pengalaman dan reputasi mereka. Jumlah bayaran mereka dapat bertambah jika ada kesepakatan dalam kontrak mengenai bonus jika filmnya menembus target pendapatan yang telah ditentukan.

Selain para pemain utama, sutradara, dan penulis naskah, di zaman serba digital sekarang ini film-film sulit terpisahkan dari proses computer-generated imagery (CGI). Bayaran untuk CG Artist pun bisa dibilang lumayan tinggi. Mereka mendapat bayaran dengan sekitar 1,2 juta dolar AS.

Sementara itu,  cameo  seperti yang sering dilakukan Stan Lee dalam film-filmsuperhero Marvel, mendapat bayaran sekitar 75 ribu dolar AS. Menurut angka perkiraan ini, Stan Lee yang biasanya hanya mengucap satu hingga dua kalimat dalam dialog di film-film superhero Marvel, total mendapat bayaran Rp 1,002 miliar.

Para pemain pengganti pun memiliki kriteria masing-masing. Untuk pemeran pengganti bagi tokoh utama, baik laki-laki atau perempuan, mendapat bayaran mulai dari 104 sampai 116 ribu dolar AS. Sementara itu, pemeran pengganti untuk adegan yang melibatkan api atau pemeran pengganti untuk adegan terlempar dari jendela masing-masing memiliki porsi bayaran yang berbeda, tergantung tingkat bahaya adegan tersebut.

Dalam video yang dirilis Vanity Fair ini juga disebutkan ada bayaran untuk kategori pemain pembantu yang sempat syuting dengan aktris utama, tapi tidak dapat ditayangkan di filmnya. Siapa pun yang berada di posisi tersebut masih mendapat bayaran sebesar 1.920 dolar AS, atau setara dengan Rp 25 juta.

Berpatokan dari video ini, kita bisa menebak-nebak jumlah bayaran yang didapat actor kawakan, Ray Sahetapy, yang sudah ikut syuting namun tidak jadi muncul dalam film Captain America: Civil War.

Catatan: Nominal bayaran dalam video di bawah hanya perkiraan yang diambil dari rata-rata beberapa film Hollywood. Oleh karena itu, nominal ini tidak bisa jadi patokan pasti.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *