Ini Deretan Film yang Masuk Nominasi Festival Film Indonesia 2016

Spread the love
  •  
  •  
  •  

 

Compusiciannews.com – Film – Film drama yang menceritakan kisah nyata yaitu Athirah dan Rudy Habibie sedang gencar bersaing untuk memperebutkan Piala Citra di Festival Film Indonesia 2016. Hal tersebut disampaikan di acara Pembacaan Nomiasi Festival Film Indonesia 2016 yang dilangusngkan di La Moda, Plaza Indonesia hari Jumat, 14 Oktober 2016.

Athirah adalah film yang disutradari oleh Riri Riza yang mengangkat kisah hidup dari Athirah yang merupakan ibunda dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Film ini telah dirilis pada tanggal 29 September 2016 dan telah dinominasikan sebagai Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Lagu Soundtrack Terbaik, Penata Busana Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Film ini merupakan salah satu film yang mendapatkan banyak nominasi di ajang Festival Film Indonesia 2016.

Selain film Athirah, film Rudy Habibie juga tidak ingin kalah. Film Rudy Habibie yang mengisahkan kehidupan B.J Habibie pada masa mudanya ini berhasil meraih beberapa nominasi yaitu nominasi Film Terbaik, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Lagu Soundtrack Terbaik, Penata Busana Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Setelah itu, meyusul juga beberapa film seperti Salawaku (8 nominasi), My Stupid Boss (7 Nominasi), Aisyah, Biarkan Kami Bersaudara (6 nominasi), dan Surat Dari Praha (6 nominasi). Sedangkan film paling banyak ditonton tahun ini Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss part 1 hanya mendapat 3 nominasi dan film terbanyak kedua ditonton, Ada Apa Dengan Cinta? 2 meraih 5 nominasi.

Sama halnya dengan tahun lalu, Festival Film Indonesia 2016 juga kembali diramaikan oleh film-film Indonesia yang belum pernah diputar sebelumnya di bioskop Indonesia. Seperti film Wiji Thukul yang menceritakan tentang masa pelariannya yang berjudul Istirahatlah Kata-Kata yang mendapatkan dua nominasi yaitu nominasi untuk sutradara dan penulis skenario. Selain itu juga ada film Salawaku yang meskipun diproduksi di tahun 2015 akan tetapi belum ditayangkan di bioskop Indonesia. Selain film-film tersebut, ada juga Headshot yang sedang berkeliling di festival dunia namun belum diputar di Indonesia.

Selain beberapa film-film teresebut, ada juga nominasi-nominasi seperti film pendek terbaik yang didapatkan oleh beberapa film seperti Kitorang Basodara, Memoria Tanah Ingatan, On the Origin Fear, Pangreh dan Prenjak. Ada juga nominasi untuk film dokumenter panjang terbaik seperti Gesang Sang Maestro Keroncong, Indonesia Kirana, Masean’s Messages, Nokas dan Petani Terakhir.

Rencananya, Festival Flm Indonesia 2016 ini akan digelar pada 6 November 2016 di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *