Konser Kontroversial Radiohead di Israel

Spread the love
  •  
  •  
  •  

 

Compusiciannews.com -Isu Terkini- Radiohead tetap bersikeras tampil di Israel, mengabaikan berbagai penolakan untuk pembatalan jadwal tampil di Israel.

Band ini mendapat kritikan dari berbagai kalangan akibat menolak untuk bergabung dengan pemboikotan budaya terhadap Israel atas pelanggaran hak asasi manusia. Radiohead telah menghadapi banyak permintaan untuk membatalkan konser tersebut, dengan sebuah surat terbuka yang baru-baru ini diterbitkan oleh Artists For Palestine UK – dan ditandatangani oleh pemusik termasuk Roger Waters, Thurston Moore dan Young Fathers – meminta band tersebut untuk “memikirkan kembali” keputusan mereka untuk tampil di Israel.

Penyanyi Thom Yorke baru saja mengalami pertengkaran hebat di Twitter dengan sutradara Ken Loach mengenai konser Radiohead di Israel. Loach bertanya kepada Radiohead apakah mereka akan “memihak yang tertindas atau memihak penindas?”

Bukan hanya itu, konser kali ini juga melibatkan seorang penggemar Radiohead asal Palestina untuk masuk ke daerah Israel. Seorang penggemar Radiohead Palestina ini memposting di Reddit, sebuah permintaan bantuan untuk mendapatkan izin bepergian ke Israel agar bisa menonton konser tersebut. Dengan bantuan dari beberapa rekan penggemar, dia menghubungi seorang promotor acara tersebut, Naranjah, yang kemudian menghubungi militer Israel untuk memberi izin kepada penggemar tersebut agar beri ijin masuk ke area tersebut.

Dalam sebuah pernyataan (diterjemahkan dari bahasa Ibrani), perusahaan produksi tersebut mengatakan: “Setelah pengumuman kedatangan Radiohead di Israel pada musim panas, kami menerima permintaan dari orang Palestina yang tinggal di Yudea dan Samaria, yang satu adalah penggemar berat Radiohead dan yang satu adalah seorang penulis amatir sebuah majalah universitas. Semenjak permintaan diterima, kami tahu bahwa kami akan melakukan segalanya untuk membantunya menikmati konser tersebut.”

Konser tersebut akhirnya digelar di Yarkon Park pada hari Rabu malam (19 Juli), dan menurut Reddit, konser ini merupakan rangkaian terpanjang Radiohead dalam 11 tahun terakhir dan konser terpanjang kedua yang pernah ada. Menjelang akhir pertunjukan, Yorke mengatakan: “Banyak hal telah dikatakan mengenai hal ini, namun pada akhirnya, kami tetap menampilkan beberapa musik.” Dikabarkan bahwa band ini tidak tampil di Israel sejak tahun 2000.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *