Menelusuri Pesatnya Perkembangan Budaya Korea Populer atau #KPop

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto: unsplash.com

Compusiciannews.com – Fenomena hiburan budaya Korea  Populer atau yang dikenal dengan sebutan K-Pop memang sedang mewabah dimana-mana, mulai dari makanan, musik hingga fasyen menjadi trend besar hampir di seluruh dunia saat ini. Fenomena ini dikenal dengan sebutan Hallyu Wave atau Korean Wave.

Seperti apa itu Hallyu Wave yang akhirnya membuat budaya Korea Populer  tersebut mudah diterima masyarakat di banyak negara? Hallyu Wave merupakan istilah bagaimana pengaruh budaya Korea yang mempengaruhi keberadaan budaya negara-negara lain.

Hallyu Wave menjelaskan bagaimana popularitas penyebaran diaspora budaya dan produk dunia hiburan Korea Selatan secara masif melalui produk-produk hiburan, seperti K-Pop Boy/Girlband dan Drama Korea atau Drakor. Awalnya, Hallyu Wave ini tersebar di negara-negara terdekat Korea Selatan, seperti China di awal tahun 1992 saat kedua negara menjalin hubungan diplomasi, dan Jepang.

Kekaguman akan budaya Korea ini mulai bergeser tidak hanya semata budaya popular saja namun merembet pada  produk budaya lainnya, seperti ada budaya tradisional, sastra dan bahasa yang diperkenalkan secara tidak langsung oleh aktor-aktor Korea Selatan melalui media hiburan drama dan musik hingga akhirnya menjadi hits dan digemari oleh para penggemar Hallyu Wave.

Hal ini pun juga ada campur tangan dari pemerintah Korea Selatan, khususnya  di era  pemerintahan Presiden Kim Young Sam (1994) dan Kim Dae Jung (1998), mereka menjadi pelopor bagaimana pengaruh budaya Korea melejit. Singkatnya, pemerintah Korea Selatan pintar dalam mengemas budaya negaranya dalam bentuk Advertising Placement yang terdapat dalam beragam film dan drama Korea yang tayang di berbagai negara. Karena peminat drama Korea sangat tinggi, maka permintaan terhadap produk yang diiklankan secara terselubung lewat drama-drama Korea tersebut semakin meningkat

Melansir dari situs detikhot.com, penanggung jawab pemberitaan internasional stasiun TV SBS Kimmy Kim  menjelaskan bahwa menjamurnya budaya Korea Populer  ini dikarenakan adanya keterbukaan yang besar dari Korea Selatan secara menyeluruh, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, pemerintah pusat ikut andil.

Selain bergerak melalui advertising, pemerintah pusat pun ikut turun tangan dalam upaya untuk memperluas budaya Korea melalui memperbanyak ekspor barang-barang mewah, seperti mobil, gadget dan juga menganjurkan warganya untuk ikut serta ‘mengkespor’ kebudayaan mereka ke seluruh dunia

Kesuksesan Korea Selatan dalam menyebarkan budayanya lewat Hallyu Wave atau Korean Wave membuktikan bahwa peran pemerintah sangat penting. Namun, hal tersebut tak akan bisa tercapai jika masyarakat dari negara tersebut tidak mencintai kebudayaan sendiri dan bekerjasama dalam penyebarannya

Facebook Comments