Dulu Broadcast Sekarang Ada Podcast, Bedanya Apa?

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto :Unsplash.com

Compusiciannews.com – Era digital merupakan era dimana kreativitas anak-anak muda bermunculan. Hal ini dikarenakan banyaknya platform atau wadah yang bisa menampung segala bentuk kreativitas. Era digital ini merupakan impian yang menjadi kenyataan bagi orang-orang yang suka tampil dan ingin menunjukan kebolehan yang dimiliki.

Salah satunya adalah Podcast. Kira-kira apa sih itu Podcast? Jika sebelumnya yang bisa berceloteh panjang itu kalangan public speaker atau penyiar radio, kali ini dengan Podcast, kamu yang punya hobi suka ngomong bakal menemukan tempat nyaman untuk meningkatkan kemampuan kamu berbicara.

Podcast pada dasarnya mirip seperti siaran radio, namun ada beberapa hal yang membedakan. Sebelum mengetahui perbedaan antara podcast dan siaran radio, CN bakal ngajak kamu ngulik tentang apa sih sebenarnya Podcast itu? Melansir dari sebuah situs, Podcast secara etimologis berasal dari dua kata, yakni “Pod” (Singkatan dari Playable on Demand/dimainkan sesuai permintaan) dan “cast” (kependekan dari broadcast/siaran)

Melansir dari situs lainnya, Podcast yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 2004 memiliki kepanjangan lain, yaitu “iPod” (perangkat music player keluaran Apple) dan “cast” ( kepanjangan dari Broadcast), sehingga arti secara keseluruhan adalah siaran yang bisa didengarkan lewat iPod.

Awalnya Podcast ini hanya bisa didengarkan lewat perangkat iPod saja, hal ini dikarenakan menurut jurnalis dan kolumnis BBC dan The Guardian, Ben Hammersley, Podcast sendiri digunakan sebagai media promosi untuk pengembangan perangkat keluaran Apple itu. Namun sekarang, podcast menjadi salah satu pilihan hiburan era digital yang bisa dengan mudah diakses dari berbagai layanan streaming,  seperti Spotify, Soundcloud, hingga YouTube.

Bedanya dengan siaran radio yang berisi tema yang beragam serta jeda lagu dan iklan, podcast dapat didengarkan nonstop tanpa ada jeda iklan dan musik, selain itu podcast juga memiliki tema yang spesifik untuk dibicarakan, seperti film, album musik, cerita horror atau topik-topik lainnya. Durasi podcast juga beragam, rata-rata antara 45-60 menit. Jika siaran radio ada interaksi dengan pendengar, tidak demikian dengan Podcast yang fokus pada tema  yang sedang dikupas

Lalu bagaimana dengan trend Podcast di Indonesia sendiri? Indonesia  sebagai negara dengan populasi anak-anak muda yang besar, yaitu berkisar sekitar 60% dari total populasi, sudah memiliki beragam Podcast dengan beragam pilihan tema. Dari beragam Podcast itu, ada beberapa yang sedang trend, diantaranya ada Do See What I See (DYSWIS) yang menyuguhkan kisah-kisah horror, Podkesmas yang berisi obrolan gibah atau gosip, Rintik Serindu hingga Makna Talks

Dikutip dari berbagai sumber, sebanyak dari 67,97% masyarakat Indonesia mengaku sudah familiar dengan Podscast, dari presentase itu, sebanyak sekitar 80% mendengarkan Podcast selama 6 bulan terakhir, namun mereka bukan pendengar yang intense karena mayoritas pendengar Podcast hanya mendengarkan selama 10-20 menit saja dari total durasi Podcast

Facebook Comments