5 Tips Saat akan Buat Video Cover

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto :Unsplash.com

Compusiciannews.com – Video Cover adalah trend para pegiat konten di era digital dengan menyanyikan lagu orang lain dengan aransemen yang berbeda. Lagu yang biasa jadi materi video cover adalah lagu yang sedang viral. Seperti lagu “Lathi” milik Weird Genius (Ft. Sara Fajira) yang telah di-cover dalam beragam versi aransemen.

Selain itu, lagu Kekeyi yang sedang viral “Keke Bukan Boneka” juga di-cover oleh beberapa YouTuber, bahkan musisi Kevin Aprilio bersama istrinya Vicy Melanie, membuat versi cover dengan aransemen piano yang elegan. Berikut ini 5 tips buat kamu yang akan membuat video cover:

1. Cari lagu yang sesuai dengan karakter

Penguasaan lagu itu penting, maka dari itu kamu harus tahu karakter musikalitas kamu seperti apa dan seleksi lagu-lagu yang kiranya pas dengan karakter musikalitasmu itu. Hal ini sangat mempengaruhi kualitas yang dihasilkan dari video cover yang kamu buat, khususnya dalam segi emotional vibe yang bisa membuat siapapun yang mendengarkannya bisa merasakan emosi yang sama.

2. Bisa main instrument lebih baik

Nggak ada salahnya jika mau membuat cover lagu hanya bermodal suara saja dan diiringi dengan minus-1 atau musik instrumental dari lagu yang akan di-cover. Tapi akan lebih bagus lagi jika kamu dapat mengiringi musik sendiri, semisal gitar akustik atau piano. Apalagi bisa aransemen ulang lagu bisa menambah nilai plus buat video cover yang akan kamu buat.

3. Peralatan rekaman

Video cover akan lebih berkualitas jika didukung dengan perekam video dan alat rekaman yang berkualitas baik. Misal kamera DSLR, atau action cam, tapi jika yang dimiliki hanya smartphone saja dan belum ada budget lebih untuk membeli alat-alat lain, jangan dipaksakan. Menggunakan smartphone saja sudah bisa, asal dapat mengkalkulasi kualitas gambar dan suara yang didapat.

4. Ekspresi dan penampilan

Seperti yang sudah disebutkan diawal, elemen ini jadi poin penting supaya penonton bisa ikut terhanyut dalam lagu yang dibawakan. Kuncinya adalah dengan mengenali karakter musikalitas kamu dan jangan lupa pastikan kamu benar-benar memahami isi lagu yang akan kamu nyanyikan, supaya kamu bisa meluapkan emosi dalam ekspresi kamu, selain itu juga pastikan kamu berpenampilan layaknya ditonton oleh jutaan orang. Jangan paksakan untuk membeli baju baru, atau make up baru, gunakan saja yang ada, selama masih bisa dinilai layak.

5. Hak Cipta

Foto : Google

Hal ini juga perlu diperhatikan, karena video cover itu adalah menyanyikan karya musik/lagu orang lain dan hal ini sudah tertulis dalam perundang-undangan (baca disini), bagaimana seharusnya jika menggunakan karya musik atau lagu orang lain untuk tujuan komersil. Namun jika kamu hanya membuat video cover untuk kreasi saja dan bukan untuk tujuan komersil, hal itu bukan menjadi masalah, hanya pastikan kamu mencantumkan nama penyanyi di judul lagu, diikuti dengan tulisan (Cover)

Facebook Comments