BTS; 7 Tahun yang Penuh dengan Prestasi dan Pencapaian

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto : Google

Compusiciannews.com – Hari ini, tepatnya tanggal 13 Juni adalah hari yang spesial buat para The ARMY, sebutan untuk  para penggemar boyand K-Pop kenamaan asal Korea Selatan, BTS, pasalnya, boyband yang beranggotakan tujuh personel, diantaranya ada RM, Jungkook, Jimin, V, J-Hope, SUGA, dan Jin ini merayakan 7 tahun hari jadi perjalanan karir mereka dalam industri hiburan K-Pop.

BTS yang merupakan kependekan dari Bangtan Soonyeondan (Hangul : 방탄소년단),atau dikenal secara internasional sebagai Bangtan Boys ini adalah boyband dengan genre musik hip-hop, yang kemudian berkembang kedalam beragam macam genre musik. Dibawah binaan Big Hit Entertainment, lagu-lagu yang berisi pengalaman pribadi, kritik ssoial, hingga lagu-lagu yang berisi tentang kondisi psikologis ini berhasil menyentuh hati para penggemar setia mereka.

Band ini dibentuk saat para personel masih remaja dan tahun 2013, awal mereka dibentuk, telah merilis single debut mereka, “2 Cool 4 Skool” yang berhasil meledak, tidak hanya di Korea Selatan saja, namun seluruh dunia. Karya-karya EP (Extended Play) mereka  berikutnya juga berhasil masuk tangga Billboard 200, diantaranya “The Most Beautiful Moment in Life, Part 2” (2015), “The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever” (2016) dan “Wings” (2016) telah menaikan reputasi BTS sebagai group boyband K-Pop yang memiliki perhatian akan isu sosial.

Tahun 2017, BTS mulai masuk pasar internasional-nya melalui album “Wings,” hal ini membuat pengaruh Korean Wave (Hallyu Wave) masuk ke pasar Amerika Serikat dan memecahkan rekor penjualan dan menjadi boyband K-Pop pertama yang menerima sertifikasi dari Recording Industry Association of America (RIAA) untuk single mereka yang berjudul “Mic Drop”. BTS juga menjadi group musik Korea pertama yang berhasil masuk Top Billboard 200 melalui studio album mereka “Love Youself; Tear” (2018) dan masuk tanggal lagu Amerika Serikat  dengan album “Love Yourself: Answer” (2018), “Map of the Soul: Pesona” (2019) dan “Map of the Soul” (2020). Mereka juga menjadi boyband dengan penghasilan terbesar setelah The Beattles yang diperoleh selama dua tahun melalui 4 studio album mereka dan menjadi boyband Korea pertama yang memperoleh serifikat Platinum di Amerika Serikat.

Album mereka juga berhasil terjual lebih dari 20 juta album di Gaom Music Chart, menjadikan BTS sebagai group dengan penjualan terbaik sepanjang sejarah industri musik di Korea Selatan.  International Federation of  the Phonographic Industry (IFPI) mencatat bahwa BTS adalah artis dengan penjualan album terbesar kedua di dunia di tahun 2018 sebagai artis yang tidak berbahasa Inggris. BTS juga tampil di cover depan majalah Time dan masuk sebagai salah satu daftar 100 orang yang paling berpengaruh di internet (2017-2019) selain itu juga masih dalam peringkat 43 sebagai salah satu 100 artis dengan pendapatan tinggi versi majalah Forbes. Pada tahun 2018 silam, BTS juga mendapatkan kehormatan untuk bisa berpidato di Pertemuan Besar PBB karena kampanye anti kekerasan yang mereka serukan.

Singkatan dari BTS sebenarnya mengacu pada arti dalam Bahasa Korea sebagai kelompok pramuka tahan peluru. Salah satu anggotanya, J-Hope menjelaskan bahwa nama BTS ini merupakan bentuk dari keinginan para personel untuk dapat meraih sukses besar, apapun penilaian atau kritikan yang dilontarkan kepada mereka. Inspirasi BTS dalam bermusik, diakui dating dari berbagai penyanyi dunia, seperti Justin Bieber, Eminem, Kanye West, Drake, Charlie Puth dan masih banyak lagi

Facebook Comments