Chanyeol, Sosok Public Figure Serba Bisa Layaknya Avatar di Dunia Hiburan K-Pop

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto : Google

Compusiciannews.com – Park Chan-yeol atau yang dikenal sebagai Chanyeol ini adalah salah satu anggota dari boyband K-Pop kenamaan EXO. Dirinya menjadi trending topic di Twitter hari ini, Jumat (19/06) karena para penggemarnya yang dikenal dengan sebutan EXO-L, berlomba-lomba memuji ketampanan sosok penyanyi rapper K-Pop ini.

Siapa sih sebenarnya sosok Chanyeol yang dipuja-puja oleh kaum hawa ini? Lahir di Seoul, 27 November 1992, pria yang juga punya nama lain Loey ini tidak hanya dikenal sebagai personel EXO saja, namun dirinya juga berkiprah di semua lini industri hiburan Korea, mulai dari perfilman, penulis lagu, produser musik hingga model.

Ketertarikannya pada musik diawali saat dirinya menonton film School of Rock saat duduk di bangku Sekolah Dasar. Dirinya mengawali rasa ketertarikannya dalam dunia musik dengan bermain drum, namun setelah mendengarkan lagu “Uncodintional Kisment” yang dibawakan oleh penyanyi Korea Selatan, Yoo Young-jin, dia semakin memantapkan diri untuk menjalani karir sebagai penyanyi.

Sebelum menjadi personel EXO, pria yang mengaku terinspirasi dari sosok penyanyi dunia, seperti Jason Mraz dan Eminem ini, menjalani masa training di SM Entertainment setelah dirinya berhasil menjadi juara kedua untuk Smart Model Contest yang digelar pada 2008 silam. Debut kemunculannya di layar tv saat dirinya menjadi cameo  di video klip “HaHaHa Song” dari duoband K-Pop TVXQ (2008) dan video klip “Genie” oleh  Girls Generation (2010)

Setelah 4 tahun melewati masa training, Chanyeol resmi menjadi salah satu personel EXO yang terakhir dan secara resmi diperkenalkan pada 23 Februari 2012, dan memulai debutnya pada 8 April 2012 dengan merilis EP (Extended Play) “Mama”. Di tahun 2014, Chanyeol berkontribusi dengan menyumbangkan hasil karya lagunya untuk EP kedua EXO “Overdose” berjudul “Run”

Tahun 2015, Chanyeol memulai debut layar lebarnya di film Salut d’Amour, yang juga dibintangi oleh aktor-aktor kenamaan Korea Selatan, seperti Park Geun-hyung dan Youn Yuh-jung. Dia kemudian menjadi pemeran utama bersama rekan EXO-nya di web-drama berjudul EXO Next Door.  Di tahun yang sama, Chanyeol kembali menyumbangkan karyanya berupa lagu rap berjudul “Lightsaber” yang merupakan single promo untuk film Star Wars : The Force Awakens, yang juga dimasukan dalam EP EXO yang ketiga “Sing for You”

Pada bulan Juni 2016, Chanyeon kembali terlibat dalam projek layar lebar Korea-Tiongkok berjudul I Married An Anti-Fan dimana dia beradu peran dengan aktris Tiongkok Yuan Shansan. Dirinya dan Yuan sama-sama dilibatkan dalam lagu duo berjudul “I Hate You.”

Pada tahun 2018, Chanyeol dan rekan seanggotanya di EXO, Sehun, merilis single koborasi berjudul “We Young” untuk SM Station X O. April 2019 silam, dirinya merilis single solo pertama “SSFW” lewat SM Station dan pada bulan Juni 2019, oleh SM Management, Sehun dan Chanyeol resmi dirilis dalam formasi EXO-SC (sub unit group) dan merilis EP pertama “What a Life” pada 22 Juli 2019.

Tidak hanya bermusik dan berakting, pria yang saat ini mengambil kelas daring S2-nya di Inha University, dengam mengambil jurusan Interior Design ini juga aktif dalam dunia model. Tercatat, Chanyeol menerima perhatian dari majalah-majalah fasyen besar, seperti L’Officiel Hommes, W, dan Allkure. Dia juga banyak dilibatkan dalam acara-acara fasyen dari brand-brand dunia seperi Christian Dior, Prada dan Calvin Klein.

Pada bulan September 2017, Chanyeol menghadiri acara fasyen Tommy Hilfiger di London. Kemudian dirinya menjadi model foto yang disponsori oleh Tommy sendiri dan menerima banyak ulasan positif di media sosial. Oktober 2018, dirinya menjadi cover depan majalah Vogue Korea Selatan dengan 16 halaman pictorial.  

Facebook Comments