7 Peralatan yang Harus Disiapkan Saat Memulai Home Recording

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto: Unsplash.com

Compusiciannews.com – Masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk tetap dirumah membuat kreativitas digital semakin meningkat, khususnya para komunitas musisi yang banyak berkreasi meski hanya dirumah. Hal ini menimbulkan ide untuk membangun sistem home recording atau studio rekaman dirumah.

Selain ruangan yang kedap suara, tentunya diperlukan beberapa peralatan utama untuk memulai membangun home recording. Berikut ini 7 alat yang perlu dipersiapkan untuk membangun Home Recording;

1. PC/Laptop

PC atau Laptop adalah basic essential saat akan memulai membangun home recording. Di era musik digital saat ini, PC dan Laptop memiliki fungsi untuk proses produksi, mulai dari rekaman, aransemen, mixing hingga mastering. PC atau Laptop ini kemungkinan akan menjadi pengeluaran terbesar saat akan memulai membangn home recording.

2. Audio Interface/Soundcard

Audio interface adalah hal penting untuk dimiliki sebagai media rekaman. Disebut juga soundcard external, alat ini berfungsi menerima sinyal analog dari mikrofon atau instrument dan meneruskannya ke komputer menjadi sinyal digital untuk selanjutnya diproses lebih dalam. Audio interface ada yang menggunakan USB ataupun firewire sebagai medianya untuk menyalurkan sinyal audio.

3. Digital Audio Workstation

Disingkat DAW, merupakan software utama yang harus dipersiapkan untuk merekam, menyunting dan mixing musik. Software ini merupakan sistem rekaman berbasis komputer untuk menggantikan studio rekaman tradisional. DAW memiliki segala kemampuan dari studio rekaman tradisional, seperti multitrack recording dan playback, yang menggunakan berbagai macam efek untuk mixing nantinya

4. Mikrofon

Foto: Unsplash.com

Alat ini memiliki 3 jenis, yaitu yang pertama ada condenser/capacitor,  mikrofon yang diafragmanya terbuat dari logam dan digantungkan pada pelat logam statis dengan jarak yang sangat dekat sehingga keduanya terisolasi menyerupai sebuah kapasitor.  Kedua, ada mikrofon dynamic, atau mikrofon yang bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik. Ketiga, ada ribbon, mikrofon yang menggunakan pita tipis dan sensitive yang digantungkan pada medan magnet. Namun dari 3 jenis itu,  hanya satu jenis mikrofon saja yang dibutuhkan.

5. Headphone

Alat ini digunakan supaya penyanyi/musisi dapat dengan mudah fokus mendengarkan nada yang musik yang dimainkan. Jumlah headphone ini bisa ditentukan dengan jumlah musisi/penyanyi yang akan menggunakan studio rekaman rumahan ini, karena setiap indivdu yang  menggunakan studio rekaman memerlukan headphone untuk dipakai masing-masing.

6. Studio Monitor

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan juga Studio Monitor atau Near-Field Monitor. Hal ini juga untuk menghindari kerusakan pada telinga yang menggunakan Headphones secara terus menerus. Studio monitor merupakan pengeras suara yang dirancang khusus untuk aplikasi produksi audio, seperti studio rekaman, di mana reproduksi audio yang akurat menjadi sangat penting. Hal ini ditujukan untuk mengukur seperti apa hasil rekaman akan terdengar pada speaker biasa.

7. Stand Microfon

Alat ini diperlukan saat melakukan melakukan rekaman vokal atau instrumen, dibutuhkan spacing atau jarak yang tetap dan konsisten terhadap mic untuk mendapatkan hasil rekaman yang dinamis. Coba bayangkan ketika sang vokalis harus memegang mic selama rekaman, selain sang vokalis tidak dapat berkonsentrasi penuh pada suaranya, terkadang jarak mic akan berubah dari awal take dan akhir. Hal ini akan mempersulit proses mixing.

Facebook Comments