Konser Vs Gig; Serupa Tapi Tak Sama

Spread the love
  •  
  •  
  •  

Foto : Unspalsh.com

Compusiciannews.com – Acara musik memang sudah bukan hal yang asing bagi kaum milenial. Acara ini menjadi salah satu kegiatan wajib para  anak-anak muda untuk melepas penat dan juga media pembuktian keberadaan diri dalam kehidupan sosial dengan berswafoto dan mengungganya ke akun media sosialnya.  Tak heran banyak dari mereka yang bisa bertemu dengan teman-teman baru dan bahkan bisa menemukan sosok kekasih di acara musik tersebut.

Namun dalam acara musik, ada banyak istilah yang digunakan dan tentunya istilah itu mendefinisikan acara musik tersebut. Dari banyak acara musik, istilah konser dan gig banyak sekali digunakan, namun ironisnya banyak yang tidak bisa membedakan dua istilah acara musik tersebut yang sebenarnya serupa tapi tak sama.

Gig dan konser adalah acara musik yang sama-sama  mengumpulkan para penonton dan juga melibatkan musisi dan penyanyi. Namun ada beberapa hal yang membedakan, meski hanya ada segelintir perbedaan yang ada, namun hal ini perlu diketahui supaya masyarakat tidak salah dalam memahami kedua acara musik ini.

Foto: Unsplash.com

Konser, seperti yang sudah diketahui banyak orang, adalah sebuah acara musik dengan skala besar. Baik dari skala panggung, musisi/penyanyi yang dilibatkan hingga jumlah penonton. Panggung yang dirancang terkesan megah, dengan sistem pencahayaan, sound system, hingga beberapa efek visual yang membuat orang terkagum-kagum melihatnya. Penyanyi atau musisi yang dilibatkan biasanya yang sudah memiliki nama besar dan menyuguhkan penampilan yang tidak biasa, dengan memberikan beberapa improvisasi dari lagu-lagu yang dibawakan, selain itu biasanya membawakan daftar lagu yang lumayan panjang, kurang lebih 10-15 lagu dan durasinya antara 1,5 hingga 2 jam.

Penonton yang dilibatkan juga besar, bisa mencapai ratusan hingga puluhan ribu penonton dan tentunya ada tiket konser yang dijual belikan. Konser juga memakan budget yang besar karena melibatkan peralatan dan tenaga manusia, sehingga tak heran istilah konser ini selalu identik dengan pertunjukan yang megah. Konser bisa diadakan di indoor dengan kapasitas besar, dan juga outdoor dan biasanya mengambil tempat di stadion atau yang sedang tren sekarang adalah tempat-tempat bersejarah, seperti salah satunya candi

Foto : YouTube – Penampilan gig salah satu band lokal Solo

Sedangkan gig, berbeda jauh dari konser, merupakan acara musik dengan skala yang lebih kecil, dari tata panggung, musisi dan  penyanyi yang dilibatkan hingga jumlah penonton. Gig terkesan lebih intimate atau lebih dekat antara musisi/penyanyi dengan pentontonnya dan biasanya diadakan di tempat-tempat umum, seperti cafe, restaurant, bar atau di taman kota. Gig biasanya ada yang gratis tapi juga ada yang berbayar, tergantung skala acara musiknya. Musisi yang dilibatkan biasanya komunitas musisi  indie yang tidak begitu terkenal dan membutuhkan media publikasi luas untuk menyebarkan eksistensi mereka

Foto : JakartaPost

Di masa pandemi covid-19 ini, baik konser maupun gig, untuk sementara ditiadakan untuk memutus rantai persebaran virus yang telah menginfeksi lebih dari 9 juta jiwa di seluru dunia. Namun di era musik digital ini, kreativitas para pelaku industri pertunjukan seakan selalu menemukan jalan untuk tetap eksis, dimana selama  masa  pandemi ini banyak sekali acara musik, baik itu konser atau gig,  yang digelar secara virtual, salah satunya konser musik yang digelar di Bangkok awal Juni lalu, dimana konser diadakan dengan menghadirkan penonton secara virtual melalui aplikasi pertemuan Zoom.

Facebook Comments