Ini Dia 5 Aplikasi Belajar Musik Buat Anak-Anak yang Kecanduan Gadget

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto: Google

Compusiciannews.com – Di era digital ini, anak-anak cenderung menghabiskan waktu bermain mereka didepan layar gadget. Jarang sekarang anak-anak  ditemukan bermain petak umpet hingga lari-larian. Sekarang anak-anak lebih suka bergerombol dan bermain gadget, memainkan gim-gim daring yang populer saat ini. Karena inilah banyak aplikasi-aplikasi pembelajaran yang muncul untuk menarik minat belajar anak.

Belajar instrumen musik mungkin cenderung membosankan bagi kebanyakan anak  karena memerlukan komitmen dan disiplin yang tinggi, namun saat ini, banyak pakar-pakar musik digital yang sudah mengembangkan aplikasi-aplikasi pembelajaran musik bagi anak-anak sehingga belajar musik lebih menyenangkan. Pembelajaran musik lewat aplikasi ini bisa digunakan untuk meningkatkan minat belajar musik pada anak-anak.  Berikut ini 5 aplikasi pembelajaran musik untuk anak-anak;

1. Yousician

Jika seorang anak memiliki ketertarikan untuk belajar  piano, gitar, bass atau ukulele, aplikasi Yousician ini sangat  membantu. Aplikasi ini menyediakan tutorial  beserta lagu yang menyesuaikan kemampuan setiap anak dan anak juga dapat meningkatkan kemampuan bermusiknya. Aplikasi ini juga menyediakan teori musik, latihan mendengarkan nada, hingga memahami ritme musik. Anak juga dapat membandingkan kemampuannya dengan teman-teman lain yang juga menggunakan Yousician melalui weekly challenge.

2. Walk Band

Tidak perlu membeli alat musik yang mahal untuk bisa menghasilkan lagu yang indah. Melalui aplikasi Walk Band ini, seorang anak bisa membentuk group band dan bahkan album musik sendiri. Caranya,  seorang anak bisa mengajak teman-temannya untuk bergabung dan memainkan instrumen sesuai keahlian masing-masing anak, kemudian hasil permainan band ini bisa direkam dan dibagikan ke media sosial. Melalui aplikasi ini juga, anak-anak dapat menghasilkan melodi dari keyboard, gitar, drum dan berbagai instrumen lainnya. Istimewanya, anak-anak juga bisa menggunakan USB MIDI Port untuk menghubungkan ke smartphone.

3. Simply Piano

Aplikasi ini digunakan untuk anak-anak yang ingin belajar piano. Didalamnya terdapat video-video tutorial yang akan memberikan panduan secara bertahap sesuai dengan tingkat kemahiranmu. Aplikasi belajar piano ini cocok untuk semua level, mulai dari pemula hingga lanjutan. Tentukan levelmu, ikuti pelajaran secara step-by-step, dan kembangkan kemampuanmu secara bertahap.

4. Violin Magical Bow

Mau belajar violin tapi belum punya instrument-nya? Tenang dengan aplikasi ini kamu cukup memainkan tongkat gesek dengan ujung jari dan mengikuti gerakan sesuai dengan panduan dari aplikasi. Sudah pasti, kamu bisa menghasilkan musik yang harmonis. Dalam aplikasi ini, terdapat metode belajar chord dan notes untuk membantu  kamu mempelajari kunci nada dasar. Istimewanya, aplikasi ini juga bisa digunakan buat kamu yang kidal (hanya bisa menggunakan tangan kiri dalam beraktivitas)

5. Easy Jazz Drums for Beginners

Melalui aplikasi ini, anak-anak tidak harus bermain langsung dengan instrument drum, namun dengan aplikasi ini anak-anak mendapat  pengenalan bagaimana bermain drum. Di mode pemula, anak-anak akan belajar mengenal ritme dan tempo ketukan untuk bermain drum. Sedangkan di mode master, anak-anak akan ditantang untuk bermain dengan iringan minus-1 tanpa panduan. Aplikasi juga bisa merekam hasil permainan drum  dan dibagikan ke akun media sosial.

Facebook Comments