Ini Dia 5 Penyanyi Cilik Era 90an yang Sempat Berjaya di Dunia Hiburan Tanah Air

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto : Google (Joshua Suherman, Mantan Penyanyi Cilik)

Compusiciannews.com – Era  90an adalah masa para penyanyi cilik membanjiri industri musik nasional. Sebagai penyanyi cilik, mereka menyanyikan lagu-lagu yang sesuai dengan usia mereka saat itu. Tidak ada kata-kata percintaan atau kegalauan, lagu-lagu yang dinyanyikan memiliki makna edukasi, nasihat dan rasa kasih sayang dan hormat pada orang tua dan keluarga.

Para penyanyi cilik saat itu beragam, mulai dari solois, seperti Enno Lerian hingga kelompok, seperti Trio Kwek-Kwek. Namun seiring berjalannya waktu, mereka juga sudah beranjak dewasa dan bahkan beberapa sudah berkeluarga. Berikut ini 5 mantan penyanyi cilik era 90an;

1. Enno Lerian

Bernama asli Dwi Retno Rahastri Lerian, Enno memulai karirnya sebagai penyanyi cilik saat dirinya berusia 9 tahun.  Saat itu dia dikenal sebagai pelantun ‘Si Nyamuk Nakal.’ Selama masih menjadi penyanyi cilik, Enno berhasil mengeluarkan 8 album dan dirinya menjadi sosok yang digemari oleh anak-anak pada saat itu karena lagu-lagunya yang hit. Lagu-lagu lainnya yang hits saat itu diantaranya ada ‘Dudidam,’ ‘Si Dakocan,’, ‘Semua Ada Disini,’ ‘Oio,’ dan masih banyak lagi. Saat ini, Enno yang sudah berusia 36 tahun itu sudah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak.

2. Chikita Meidi

Akrab disapa Chika, penyanyi berdarah Minang kelahiran Jakarta, 22 Oktober 1990 ini dikenal lewat hitsnya ‘Kuku ku’ dan ‘Gigi Gigi’. Selain itu dia juga pernah menyanyikan bahasa daerah ‘Kampoang Nan Jauh Di Mato,’ yang merupakan lagu anak-anak berbahasa Minang yang dirilis pada akhir 90an silam. Chika termasuk penanyi cilik yang viral saat itu, tercatat pada tahun 1994 dan 1995,  2 single-nya, ‘Kuku ku’ dan Gigi Gigi’ terjual lebih dari 1 juta copy. Tahun ini, Chika genap berusia 30 tahun dan dirinya sudah berkeluarga dengan 1 orang anak dari hasil pernikahannya dengan seorang ahli keuangan bernama Indra Adhitya yang menikahinya pada tahun 2018 silam.

3. Joshua Suherman

Foto : Google (Joshua Suherman, Mantan Penyanyi Cilik)

Buat kamu yang menghabiskan masa kanak-kanak di era 90an, pastinya kamu tahu dengan sosok pria yang akrab disapa Jojo ini. Lahir di Surabaya, 3 November 1992, Jojo dikenal lewat hits pertamanya ‘Cit Cit Cuit’ pada tahun 1995 silam. Namun dirinya mulai melonjak saat merilis lagu ‘Air’ atau yang juga dikenal dengan ‘Diobok-Obok (1999). Di video klip ‘Air’ itu, Joshua berkolaborasi dengan host Empat Mata, Tukul Arwana. Selain bernyanyi, Joshua juga memainkan beberapa peran di sinetron dan film. Sinetron yang dia mainkan saat itu ada Abad 21 (1997), Air Mata Ibu (1998), Natal Putih (1998), Anak Ajaib (2000) dan Inikah Rasanya. Untuk film layar lebar, dia memainkan film Joshua oh Joshua yang dirilis  pada tahun 2001 silam. Seringnya dilibatkan dalam sinetron, film dan juga iklan, Jojo sempat disebut-sebut sebagai artis cilik terkaya di Indonesia saat itu. Namun semenjak dia beranjak dewasa, pamornya sebagai artis cilik ikut turun dan saat ini dia lebih aktif sebagai komika atau stand-up comedian.Semenjak dewasa, dia memainkan beberapa film komedi, salah satunya adalah Yowis Ben 1 (2018) dan Yowis Ben 2 (2019).

4. Dhea Ananda

Bernama asli Nadia Budi Ananda, kelahiran Jakarta, 25 Mei 1986, Dhea dikenal sebagai salah satu dari kelompok penyanyi cilik, Trio Kwek Kwek yang muncul pada tahun 1992 silam. Bersama 2 rekannya, Alfandi Cahyono dan Leony Vitria Hartanti, Dhea menyanyikan beberapa hits yang viral, seperti ‘Kancil,’ ‘Semua Oke,’ ‘Jangan Marah,’ ‘Katanya,’ dan ‘Bis Sekolah.’ Karena saking viralnya, Dhea dan rekan-rekannya di Trio Kwek-Kwek pernah mendapat penghargaan dari AMI (Anugrah Musik Indonesia) Awards sebagai Duo/Group Vocal/Kolaborasi Anak-Anak Terbaik. Dhea juga dikenal dengan hits religinya, yaitu ‘Surga Ditelapak Kaki Ibu,’ dan ‘Baju Baru’. Saat beranjak dewasa dan Trio Kwek-Kwek bubar di tahun 2001, Dhea tetap melanjutkan karirnya di dunia hiburan dengan memainkan peran di beberapa sinetron dan juga menjadi host acara remaja. Saat ini wanita yang sudah berusia 34 tahun itu telah menikah dengan Andi Ariel Harsya (2009), yang merupakan salah satu personel band Nidji.

5. Tasya Kamila

Lahir 28 tahun silam, awalnya wanita dengan nama lengkap Shafa Tasya Kamila ini  dikenal sebagai bintang iklan produk pasta gigi.    Dari berperan sebagai bintang iklan, Tasya kemudian mulai banyak bermain di berbagai film televisi serta mulai masuk ke dapur rekaman dan menjadi seorang penyanyi cilik yang khas membawakan lagu anak-anak, dengan menyanyikan ‘Anak Gembala’ lagu karangan AT. Mahmud dan ‘Libur T’lah Tiba.’ Memasuki usia dewasa, Tasya masih sering wara-wiri di dunia entertainment dengan merilis album ‘Beranjak Dewasa’ pada tahun 2012 dan membintangi beberapa judul film. Ia menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 2010. Saat ini Tasya sudah berkeluarga dan meiliki 1 orang anak.

Facebook Comments