Era Musik Digital Lahirkan Gadget-Gadget Unik Berbasis Gerak Fisik Tangan

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto : Google (The Verge)

Compusiciannews.com – Tren gadget di era musik digital benar-benar telah mengubah konsep bermusik selama satu dekade terakhir, dimana saat ini banyak perusahaan-perusahaan teknologi bertaraf dunia memproduksi beragam macam gadget dan aplikasi yang berguna, baik untuk non-musisi ataupun musisi profesional. Jaman sebelum musik digital belum seperti sekarang, diperlukan alat yang beribet untuk menghasilkan sebuah nada tabuhan yang sederhana.

Nha.. berbicara soal nada tabuhan atau beat, kebanyakan orang suka sekali menabuh-nabuh apa yang ada disekitar dengan tangan, bahkan tidak sedikit orang yang suka menabuh paha mereka saat duduk. Di jaman musik digital saat ini, apa yang menjadi kebiasaan orang bisa menjadi sebuah nada yang indah. Salah satunya menggunakan  alat canggih yang bernama Music Finger ini.

Dilansir dari situs theverge.com, Music Finger ini berbentuk seperti clip atau jepitan yang dapat dipasang ke jari kamu dan kamu yang suka tabuh menabuh bisa menghasilkan nada yang indah dari objek sekitaran kamu. Hasil tabuhan kamu bisa didengarkan lewat smartphone  yang sudah terkoneksi via Bluetooh dengan Music Finger, serta aplikasi yang sudah terpasang tentunya.

Music Finger merupakan salah satu gadget ‘aneh’ penghasil nada yang muncul di era musik digital ini, dan bahkan banyak alat-alat canggih lainnya, seperti Oddball yang merupakan gadget unik berbentuk bola yang bouncy dan digunakan sebagai instrumen drum, selain itu juga ada MIDI Rings ‘Wave’, MIDI berbentuk cincin unik yang terpasang di jari dan lewat gerakan tangan bisa mengatur menghasilkan efek, seperti getar. Kemudian juga ada sarung tangan yang mengubah tangan kamu menjadi instrumen musik dan masih banyak lagi gadget-gadget unik lainnya

MIDI Ring Controller ‘The Wave’

Gadget-gadget berbasis gerak fisik tangan untuk pembuatan musik ini memang beragam, dari bentuk, kegunaan dan musik yang dihasilkan, namun ternyata banyak dari gadget ini yang tidak bertahan lama di pasaran. Hal ini disebabkan karena persaingan yang besar, dimana banyak perusahaan teknologi berlomba-lomba menciptakan gadget dengan bentuk yang unik untuk menarik perhatian pasar.

Drum Machine ‘The Oddball’

Fokus tujuan dari perusahaan menciptakan gadget-gadget unik ini ada dua, yaitu memberikan akses kepada para non musisi untuk bisa tetap menghasilkan karya musik rumahan hingga memberikan kontrol penuh kepada para musisi profesional dalam produksi musik mereka. Dari segi harga, banyak ahli mengatakan bahwa harga rata-rata dari gadget ini dikatakan terlalu mahal (berkisar US$ 70/ Rp 1 juta untuk dua sisi tangan) dengan mempertimbangkan keterbatasan fungsi yang dimiliki

Facebook Comments