Mikha Angelo : ‘Feel Bermusik Itu Sebenarnya Keluar dari Cara Bermain Musik yang Baik’

Spread the love
  •  
  •  
  •  

Foto: Google

Compusiciannews.com – Bisa memainkan instrumen musik pastinya bisa menjadi sebuah kebanggaan dan prestasi pribadi. Seseorang yang bisa memainkan instrumen biasanya memberikan nilai plus yang bisa mengundang decak kagum banyak orang yang menonton. Apalagi memainkan musik sambil menyanyi, akan lebih menarik lagi pastinya. Nha.. kali ini salah satu personel dari band bersaudara The Overtunes, Mikha Angelo bakal kasih tips bagaimana menjadi seorang multi-instrumentalist sambil menyanyi.

Dilansir dari situs grid.id, alumnus The X-Factor Indonesia musim pertama itu menyarankan untuk ‘Jangan Maksa,’ artinya dalam menyanyi jangan memaksakan diri dengan musik yang nggak sesuai dengan karakter vokal karena hal ini mempengaruhi instrumen mana yang kiranya cocok dimainkan. Mikha menekankan jika sudah menemukan kenyamannnya dalam vokal dan instrument, pastinya akan lebih enjoy saat tampil bernyanyi sambil memainkan instrumen.

Kemudian yang kedua, perlu menguasai kord lagu serta menguasai lagu itu sendiri. Hal ini dilakukan supaya tidak memecah fokus saat menyanyi dan memainkan instrument. Jika seseorang tidak menguasai lagu dan kord-nya, akan mempengaruhi kualitas penampilan. Mikha berpendapat kalau lebih baik suaranya jelek tapi main musiknya bagus karena feel bermusik sebenarnya keluar dari cara bermain musik yang baik.

Ketiga yang perlu banyak dilakukan adalah latihan vocalizing, tujuannya untuk menjaga keseimbangan pernafasan dengan memainkan instrumen, khususnya pemain bass dan gitar. Saat memainkan instrument gitar atau bas, bagian perut/diafragma  akan otomatis tertekan  sehingga latihan vocalizing ini wajib banyak dilakukan supaya suara vokal yang dihasilkan jauh lebih baik.

Keempat, saat tampil bernyanyi dan memainkan instrumen harus enjoy, jangan terlalu memikirkan pola not balok, yang penting dasarnya paham. Kalau terlalu memikirkan not balok, main musiknya justru jadi kurang bisa dinikmati. Mikha menekankan bahwa salah satu hal penting saat memainkan instrumen adalah improvisasi.

“Buat aku main musik jangan dibawa ribet. Karena orang kan banyak belajar dari not balok, buat aku nggak penting, sih. Yang penting ngerti dari dasar pentingnya musik apa. Nanti jadinya kepikiran chordnya itu apa, bukan enaknya main musik. Buat bisa multi instrumen itu yang penting harus suka musik!” jelas Mikha di situs Grid.id.

Facebook Comments