Menelusuri Komponen Penting Dari Komunikasi Data Layanan Selular di Indonesia

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto: Google

Compusiciannews.com – Beberapa hari terakhir ini, dunia komunikasi Tanah Air digemparkan dengan kebocoran data milik seorang aktivis dan kritikus yang aktif di media sosial, Denny Siregar, yang dilakukan oleh seorang pegawai outsource perusahaan komunikasi seluler ternama, outlet area Rungkut, Surabaya.

Tindakan yang berkaitan dengan illegal access ini jelas melanggar Undang-Undang ITE Pasal 46 Ayat 1-3 dan Pasal 48 Ayat 1-3 tentang transaksi eletronik dan informasi. Oleh karena itu pelaku pernyebaran data yang dilakukan oleh pegawai outsource berinisial FPH ini dijerat hukuman 10 tahun penjara atau denda sebesar Rp. 10 Milyar.

Terlepas dari alur kasus penyebarluasan data informasi yang terjadi, penyedia layanan selular pada umumnya menyimpan kominkasi data, selain data pengguna itu sendiri.  Melanisir dari sebuah situs, komunikasi data merupakan proses pengiriman sekaligus penerimaan suatu data dan informasi melalui dua atau lebih perangkat (PC atau alat elektronik  lainnya).

Secara mendasar, proses komunikasi data melibatkan dua titik penting yang menjadi pusat dari pengiriman data sekaligus informasi. Proses ini dapat terjadi jika ada media penyalur atau saluran transmisi melalui peralatan tertentu, seperti kabel atau jaringan (sinyal seluler). Di antara dua titik tersebut, masing-masing memiliki kode biner yang tersistem lewat saluran.

Komponen dari komunikasi data merupakan hal yang krusial dalam proses penerimaan dan pengiriman data, apa saja komponen itu? Berikut ini 5 komponen krusial dalam komunikasi data yang perlu kamu ketahui:

1. Sumber Data

Merupakan tempat utama berkumpulnya beragam macam data sekaligus informasi yang dapat dimunculkan dan kemudian dikirimkan. Sumber juga bisa diartikan sebagai perangkat elektronik yang berfungsi untuk menginput data serta mengirimkannya ke tujuan penerima data.

Sumber dalam perangkat ini memiliki format yang beragam, antara lain seperti kumpulan teks yang terdiri dari tulisan, gambar, maupun video. Semua data sekaligus informasi tersebut tersistem dalam satu kesatuan kemudian masuk pada sistem komputer atau alat elektronik lainnya, salah satunya telpon pintar.

2. Transmiter

Komponen ini berfungsi untuk memproses beragam informasi data sebelum dikirimkan lewat media tertentu. Bentuk asli data sebenarnya berupa kode biner yang hanya diketahui para ahli saja. Transmitter berperan sebagai pengolah data sebelum akan dikirimkan, setelah data diolah menjadi kategori teks tertentu, maka akan diubah dan dikirimkan melalui perangkat lain sebagai bentuk sinyal analog.

3. Media Pengiriman atau Sistem Transmisi

Selain transmitter, ada juga yang disebut sistem transmisi yang berperan untuk membawa sinyal dari sumber transmitter menuju penerima. Tugas sistem transmisi secara khusus yakni mengirimkan data sekaligus informasi ke sumber penerima

Bentuk dari sistem transmisi seperti sebuah jalur yang sangat beragam, ada yang tunggal dan ada juga yang cukup kompleks. Jalur tunggal hanya perlu melewati satu jaringan, sedangkan lewat jalur kompleks memerkulan beberapa rangkaian sistem tertentu. Ada beberapa contoh sistem transmisi, yakni copper media, wireless media, dan optical media.

4. Penerima

Komponen penting selanjutnya adalah perangkat yang dimiliki oleh penerima data atau informasi. Perankat tersebut berfungsi untuk menerima sinyal yang telah dikirimkan oleh sistem transmisi. Proses penerimaan tidak dilakukan secara langsung karena melalui tahap seperti saat proses transmisi sedang bekerja, contohnya yakni workstation.

5. Pengirim dan Tujuan

Penerima sebenarnya tidak dapat menerima data tersebut secara langsung karena data masih perlu diubah ke bentuk sediakala. Data terlebih dahulu diproses ulang sama seperti pada kinerja transmitter. Setelah data dapat dikembalikan bentuk awalnya seperti sebelum dikirimkan pada tahap awal, barulah data utuh bisa diterima dalam bentuk teks.

Facebook Comments